Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusak Rumah Menteri Susi Mengaku Kesal Setelah Kemasukan Roh

Kompas.com - 04/08/2019, 12:00 WIB
Candra Nugraha,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

CIAMIS, KOMPAS.com - Pihak Kepolisian Resor Ciamis mengungkap motif perusakan pos satpam rumah Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti di Pangandaran, oleh pelaku berinisial A.

Berdasarkan hasil penyidikan, pelaku yang kini sudah jadi tersangka melempar batu ke pos satpam karena kesal kepada Susi.

"Motifnya karena kesal (kepada Susi) dan pelaku meluapkan kekesalannya dengan melempari pos satpam," kata Kapolres Ciamis, Ajun Komisaris Besar Bismo Teguh Prakoso saat ekspos kasus perusakan rumah Menteri Susi di Mapolres Ciamis, Minggu (4/8/2019).

Ihwal kekesalan tersangka, Bismo mengatakan, tersangka mengaku ada roh yang masuk ke jiwanya, mengganggunya dan membisikkan sesuatu.

Baca juga: Polisi Periksa Kejiwaan Perusak Rumah Menteri Susi

 

Padahal, kata dia, tersangka sama sekali tidak pernah mengenal Susi.

"Enggak kenal. Namun jarak lokasi kejadian dengan rumah pelaku hanya lima menit," ucap Bismo.

Menurut Bismo, penangkapan tersangka berawal dari penyelidikan dan keterangan sejumlah saksi. Petugas menelusuri jejak digital dari pelaku.

"Ada petugas Satpam yang melihat motor pelaku. Kemudian didapatlah pelaku," jelasnya.

Baca juga: Fakta Rumah Menteri Susi di Pangandaran Dilempari Batu, Sudah Berkali-kali Terjadi hingga Pelaku Berhasil Ditangkap

Beraksi seorang diri

Kaca pos satpam kediaman Menteri Susi dipasangi garis polisi usai dilempari batu orang tak dikenal, Jumat dinihari (2/8/2019).KOMPAS.com/Candra Nugraha Kaca pos satpam kediaman Menteri Susi dipasangi garis polisi usai dilempari batu orang tak dikenal, Jumat dinihari (2/8/2019).
Hasil penyelidikan, lanjut Bismo, tersangka beraksi seorang diri. Sebelumnya dia telah merencanakan aksi pelemparan tersebut.

"Bawa batu dari rumah. Dia melakukannya malam hari. Naik sepeda motor, berhenti sejenak di depan pos satpam, lempar batu kemudian lari," jelas Bismo.

Pihak kepolisian sudah menyita barang bukti yang dipakai pelaku, seperti batu, pakaian dan sepeda motor pelaku serta pecahan kaca.

Sebelumnya, Jumat dinihari (2/8/2019) pukul 00.50 WIB, tersangka merusak pos satpam PT ASI Pudjiastuti Aviation yang juga merupakan tempat tinggal Menteri Susi Pudjiastuti.

Setelah melempari pos satpam, tersangka melarikan diri. 

Baca juga: Rumah Menteri Susi di Pangandaran Dilempari Batu, Kaca Jendela Pecah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com