Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Banten Terasa hingga Cianjur, Jendela dan Pintu Rumah Warga Bergoyang

Kompas.com - 02/08/2019, 21:51 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com – Gempa bermagnitudo 7,4 di Banten, getarannya sampai terasa ke wilayah Cianjur, Jawa Barat.

Pantauan Kompas.com di ruas Jalan Siliwangi, Kelurahan Pamoyanan, Cianjur, sejumlah warga berhamburan keluar rumah saat gempa terjadi.

Warga kemudian berkumpul di pinggir jalan dan halaman rumah sampai menunggu situasi dirasa aman.

Baca juga: Pasca-gempa Banten, Sejumlah Bangunan Dilaporkan Rusak

Seorang warga setempat, Purwanda (37) mengatakan, getaran gempa cukup terasa hingga menggoyang-goyang daun pintu dan jendela rumahnya.

"Sekitar 10 detik getarannya terasa, awalnya pelan namun kencang, saya waktu itu sedang ada di rumah, pintu goyang-goyang," kata dia, kepada Kompas.com, Jumat (2/8/2019) malam.

Kepanikan juga sempat terpantau di lingkungan RSUD Sayang Cianjur. Puluhan pengunjung rumah sakit berhamburan dari dalam bangunan menuju lapangan parkir.

"Saya kebetulan lagi di dalam tiba-tiba terasa goyang-goyang lalu semua pada berlarian keluar menyelamatkan diri," tutur Nuryani Susilawati (41), salah seorang keluarga pasien.

Baca juga: Gempa Banten, Warganet Kangen Sutopo...

Namun, ia menuturkan tidak sampai ada pasien yang dibawa ke luar ruangan. "Tadi sempat pada panik semuanya, termasuk pasien juga," ucap dia.

Diberitakan sebelumnya, berdasarkan informasi yang disampaikan Humas BNPB pada Jumat sore, gempa berkekuatan 7,4 itu terjadi sekitar pukul 19.03 WIB.

Baca juga: Gempa Banten, BMKG Cabut Peringatan Dini Tsunami

Pusat gempa terjadi di 7.54 LS, 104.58 BT, atau 147 km sebelah barat daya Sumur di Banten. Episentrum berada di kedalaman 10 Km.

Gempa yang guncangannya terasa hingga Bengkulu, Jawa Barat, Lampung, dan Jawa Tengah itu berpotensi tsunami untuk kawasan Banten, Bengkulu, Jawa Barat, dan Lampung. 

Namun, peringatan dini tsunami kemudian dicabut BMKG Jumat pukul 21.40 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com