Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Terdampak Kebocoran Minyak di Laut Karawang Akan Dapat Kompensasi

Kompas.com - 02/08/2019, 17:54 WIB
Farida Farhan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang bersama Pertamina membentuk tim verifikasi kompensasi atas kerugian warga yang terdampak kebocoran minyak anjungan Lepas Pantai YYA-1 area Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ).

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Karawang Hendro Subroto mengatakan, tim kompensasi ini dibentuk berdasarkan SK Bupati Karawang agar memiliki kekuatan hukum tentang kewenangannya menyalurkan dana kompensasi.

"Apalagi Pertamina itu perusahaan negara yang setiap pengeluarannya dipertanggungjawabkan kepada negara. Anggota tim dari unsur dinas dan pihak independen akan bekerja secepatnya," kata Hendro, Jumat (2/8/2109).

Hendro menyebutkan, Pertamina siap bertanggung jawab atas kerugian yang dialami warga pesisir akibat kebocoran minyak itu.

Baca juga: 7 Pulau di Kepulauan Seribu Tercemar Minyak Mentah Pertamina

 

Masyarakat pesisir Karawang diminta menunggu proses ganti rugi tersebut hingga tim kompensasi selesai melakukan pendataan dan verifikasi. Proses ini membutuhkan waktu agar bisa dilaksanakan secara adil dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Setiap warga yang memang dirugikan pasti akan dapat kompensasi, jadi tenang saja menunggu arahan selanjutnya," katanya.

VP Relations Pertamina Ifki Sukarya mengatakan, pihaknya menyambut baik dibentuknya tim kompensasi oleh Pemkab Karawang. Dia berharap dengan adanya tim ini proses pemberian kompensasi bisa dilaksanakan dengan baik dan lancar.

"Kami dari Pertamina siap bekerja sama dengan tim kompensasi ini dan berharap semuanya bisa berjalan cepat dan lancar," kata Ifki.

Pertamina, kata dia, akan memberikan kompensasi berdasarkan data yang diberikan tim verifikasi kompensasi. Oleh karena itu, Pertamina berharap warga terdampak bisa mendapatkan haknya.

Baca juga: Bupati Karawang Minta Kepastian Kapan Kebocoran Minyak Selesai Tertangani hingga Dorong Pemulihan Lingkungan

Sebelumnya, Pemkab Karawang meminta para kepala desa yang warganya terdampak untuk melakukan pendataan. Pertamina juga sudah mendirikan posko pengaduan di pesisir yang terdampak oil spill.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com