Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Kaltim: Feeling Saya, Ibu Kota Baru ya di Kalimantan...

Kompas.com - 02/08/2019, 12:42 WIB
Candra Setia Budi

Editor

KOMPAS.com - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor membantah dirinya pernah membandingkan wilayah yang ia pimpin, dengan Kalimantan Tengah (Kalteng) maupun provinsi lainnya di Kalimantan, terkait rencana pemindahan ibu kota negara ke lokasi yang baru.

"Saya tidak pernah mengatakan itu, yakni membandingkan daerah ini lebih bagus dibandingkan lainnya. Kalau sampai ada beredar berarti itu hoaks atau kabar bohong," katanya saat berada di Palangka Raya, Kamis (1/8/2019) seperti dilansir dari Antara.

Irsan menyebut, sama dengan Kalteng, dalam penyediaan lahan untuk kebutuhan ibu kota negara yang baru, Kaltim tidak ada mengalami kendala.

Baca juga: Soal Ibu Kota Baru, Gubernur Kaltim Bantah Lakukan Lobi ke Presiden

 

Saat ini, lanjutnya, sudah tersedia lahan yang cukup memadai, yakni sekitar 68.000 hektare dan telah dilaporkan kepada pemerintah pusat.

Hanya saja lahan tersebut masih bisa diperluas lagi, yakni ke wilayah timur dan juga barat. Perluasan yang dimungkinkan itu mencapai sekitar 200 ribu hektare dan tidak ada masalah terkait status kepemilikan lahannya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan sangatlah tepat guna mewujudkan Indonesia Sentris.

Baca juga: Jokowi Janji Umumkan Hal Penting soal Ibu Kota Baru pada Agustus

 

Isran pun mengapresiasi keinginan dari Presiden Jokowi itu, sebab akan menjadi sebuah peninggalan besar dalam sejarah dan dikenang oleh rakyat Indonesia.

"Namun yang jelas, mau pindah kemana pun ibu kota Indonesia yang baru, kami selalu siap. Feeling atau perasaan saya, ibu kota baru ya di Kalimantan," ungkapnya sembari bercanda.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com