Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karhutla di Aceh Barat Tidak Bisa Dipadamkan Petugas, Kini Titik Api Terus Meluas

Kompas.com - 02/08/2019, 11:37 WIB
Raja Umar,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MEULABOH, KOMPAS.com - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi sejak beberapa hari ini di Kecamatan Bubon, Kabupaten Aceh Barat semakin meluas. Titik api kebakaran yang tersebar di tiga Desa telah mencapai sekitar 33 hektar.

“kebakaran di Kecamatan Bubun semakin meluas, sekarang sudah ada titik baru lagi muncul di Desa Pelanteu,” kata Iptu Utra P, Kapolsek Bubon Kepada Kompas.com, Jum’at (02/08/2019).

Utra menyebutkan titik api kebakaran itu berada dilahan kosong dan lahan yang telah ditanami sawit dan karet milik warga. 

Titik api yang tersebar di Desa Seneubok Trap menimbulkan kebakaran seluas 20 hektar, di Suak Pangkat 10 hektar dan di Pelanteu 3 hektar.

Baca juga: Unik, Bhabinkamtibmas Ubah Motor Dinas Jadi Mesin Pompa Air Pemadam Karhutla

“Titik api berada di lahan kosong dan juga lahan yang telah ada tanaman sawit dan karet, pemilik lahan yang sudah kami diperiksa semuanya mengaku tidak mengetahui penyebab kebakaran itu,” katanya.

Menurut Utra, titik api karhutla gambut yang terjadi di Kecamatan Bubon terus meluas dan menyebar akibat cuaca panas dan angin. 

Kemudian kondisi kebakaran diperparah karena upaya penanganan dari petugas BPBD belum maksimal.

“Lokasi titik api memang sulit dijangkau, tapi upaya pemadaman tidak rutin dilakukan setiap hari. Sementara kami dari Polsek tidak memiliki peralatan armada dan pompa air, tapi polisi dan warga siap membantu tenaga,” katanya. 

Baca juga: Kabut Asap Karhutla di Pelalawan Riau Makin Parah, Jarak Pandang 800 Meter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com