Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Ditangkap karena Meretas Akun Facebook, Ini Kata kepala Sekolah

Kompas.com - 01/08/2019, 17:55 WIB
Amriza Nursatria,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

KAYUAGUNG, KOMPAS.com - Kepala Sekolah SMKN 3 Kayuagung, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Maryono mengakui bahwa seorang pemuda berinisial J alias Jeef adalah siswa yang duduk di kelas XII jurusan Ilmu Komputer Jaringan.

J bersama temannya DA, merupakan tersangka dalam kasus peretasan, atau illegal access dengan cara menerobos atau mengambil alih akun Facebbok milik orang lain.

Kasus tersebut ditangani Direktorat Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Sulawesi Selatan,

Maryono awalnya mengaku kaget mendapat informasi ada salah satu siswa mereka yang ditangkap polisi. Sebab, J alias Jeef bukan siswa menonjol seperti siswa lainnya.

“Cukup kaget JF berurusan dengan polisi dengan kasus tersebut, meski yang bersangkutan siswa ilmu komputer jaringan, tetapi bukan siswa yang menonjol di kelasnya,” kata Maryono.

Baca juga: Pelajar SMK Retas dan Perjualbelikan Akun Facebook dari Makassar dan Jawa

Maryono mengatakan, sudah 7 hari J tidak masuk sekolah. Orangtua J sudah datang ke sekolah dan mengajukan surat izin untuk anaknya tidak masuk sekolah selama satu pekan.

“Orangtua J sudah mengajukan surat izin tidak bisa mengikuti pelajaran selama seminggu,” kata Maryono.

Menurut Maryono, pihak sekolah masih memberi toleransi hingga ada kejelasan status J. Namun, jika sudah lewas batas toleransi dan J dinyatakan bersalah, pihak sekolah akan memberikan sanksi.

Sebelumnya, Dirkrimsus Polda Sulsel mengamankan J dan DA atas tuduhan telah melakukan aksi hacking atau illegal access akun grup media sosial Facebook yang dikelola Wayan Widaya.

J dan DA diduga menjual akun yang sudah diretas itu kepada seseorang dengan harga Rp 500.000 dan Rp 1.700.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com