Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNPB Kerahkan Helikopter untuk Padamkan Api di Gunung Arjuno

Kompas.com - 01/08/2019, 16:55 WIB
Achmad Faizal,
Khairina

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Satu unit helikopter akan dioperasikan untuk melakukan pembasahan di lokasi kebakaran hutan di wilayah Gunung Arjuno di Jawa Timur.

Rencananya, helikopter tersebut diterjunkan Kamis (1/8/2019) sore.

Pengerahan helikopter, kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Suban Wahyudiono, sudah disetujui Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo, Kamis (1/8/2019).

"Sore ini helikopter BNPB rencananya akan langsung bergerak ke lokasi sekitar titik api," katanya dikonfirmasi.

Baca juga: Api Menyala Lagi, Kebakaran Hutan Gunung Arjuno Sulit Dipadamkan

Pemadaman api rencananya akan dilakukan pada wilayah administrasi Kota Batu di titik koordinat 7° 45' 22,269" S 112° 34' 44,55 E serta di Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Mojokerto di titik koordinat -7° 42' 22,538" S 112° 35' 16,97 E.

Titik api di wilayah tersebut diketahui Senin (29/7/2019) lalu di Taman Hutan Rakyat Raden Soerjo blok Sawahan Kecamatan Prigen Pasuruan dan meluas hingga ke blok Batu Patuk Wesi dan blok Kalijarak, Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas Mojokerto.

"Sejak saat itu, upaya pemadaman terus dilakukan. Berdasarkan hasil rapat dengan Perum Perhutani, jalur pendakian Putuk Siwur ditutup sementara sebagai antisipasi meluasnya titik api," jelasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com