Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah yang Viral ke Sekolah Pakai Baju Kotor Tanpa Alas Kaki Akan Dapat Rumah Baru

Kompas.com - 01/08/2019, 13:17 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

KUNINGAN, KOMPAS.com - Bupati Kuningan Acep Purnama, berjanji akan merelokasi rumah Jodi (7) yang semula berada di perbukitan dengan kondisi jalan menanjak dan terjal, pindah ke wilayah dataran rendah di tengah pemukiman warga. 

Jodi merupakan bocah yang tinggal di atas perbukitan terpencil yang kisahnya viral karena pergi ke sekolah menggunakan baju kotor tanpa alas kaki.

Rencana lokasi rumah baru keluarga Jodi, kata Acep, akan berada di pinggir jalan, samping puskesmas pembantu Desa Margabakti, Kecamatan Kadugede.

Baca juga: Viral Kisah Bocah 7 Tahun ke Sekolah Pakai Baju Kotor dan Tanpa Alas Kaki, Ini Faktanya

"Kemarin saya sudah mendapatkan satu tempat. Itu tempatnya langsung di pinggir jalan. Berukuran kurang lebih 50 meter persegi. Nanti saya buatkan rumah dengan baik dan layak, paling tidak dua kamar tidur. Pinggir jalan dan sebelah pustu (puskesmas pembantu)," kata Acep, Rabu (31/7/2019). 

Acep menyampaikan, kebijakan itu berdasarkan beberapa pertimbangan. Salah satunya adalah kondisi kakek neneknya Jodi, Rakum (50) dan Sati (56) yang sudah tua.

Keduanya akan kesulitan untuk berinteraksi dan bersosialisasi bersama warga sekitar apabila rumahnya tetap berada di bagian atas. 

Selain itu, Acep juga menyebut kondisi rumah yang berada di bagian dataran tinggi cukup membahayakan.

"Yang saya khawatirkan di musim hujan. Pastikan licin. Lalu ya air juga tidak ada sumber, jadi air itu harus diangkut dari bawah ke atas. Sehingga mungkin mereka, kalau ada air mandi, kalau enggak ada ya (tidak mandi)," kata Acep. 

Baca juga: Viral Bocah 7 Tahun ke Sekolah Pakai Baju Kotor dan Tanpa Alas Kaki, Ini Penjelasan Kepala Dusun

Acep menargetkan, proses relokasi rumah itu akan diselesaikan dalam waktu dekat.  

Dia juga mendukung penuh kepala sekolah dan seluruh guru-guru di SDN Margabakti setempat, untuk membimbing dan mengasuh Jodi.

Menurutnya, Jodi anak yang cerdik dan penuh semangat untuk bersekolah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com