Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhiri Kunjungan di Sumut, Jokowi Datangi Peternakan Sapi dan Sentra Bawang Putih

Kompas.com - 31/07/2019, 20:15 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara mengakhiri rangkaian kunjungan kerja di Sumatera Utara dengan meninjau proyek percontohan pengembangan ternak sapi berjenis belgian blue di Desa Parsingguran, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Belgian blue adalah jenis sapi baru di Indonesia bantuan dari Kementerian Pertanian. Belgian blue diharapkan dapat menjadi bibit unggul bagi pemenuhan kebutuhan daging nasional di masa mendatang.

“Ini sapi baru tiga hari datang. Ini juga diajari Menteri Pertanian. Ini baru tiga. Biar nyoba, tapi tadi ditanya sapinya katanya senang. Oke, berarti tambah lagi,” kata Presiden , Rabu (31/7/2019).

Baca juga: Jokowi Ingin Geopark Kaldera Toba Diakui UNESCO

Jika diternakkan dengan baik, bobot jenis sapi tersebut dapat mencapai bobot 1,5 ton.

Menurut Presiden, jika proyek percontohan di Desa Parsingguran ini berhasil, proyek-proyek serupa akan turut dikembangkan di daerah lain.

“Digedein dulu, nanti kalau betul-betul produktif, bisa menjadi contoh. Tinggal kopi ke tempat lain gampang karena di Humbang Hasundutan mungkin dikembangkan lagi, di Karo dikembangkan lagi, di Tapanuli Utara kembangkan lagi,” ujarnya.

Baca juga: Jokowi Janji Selesaikan Kebakaran Hutan

 

Pengembangan sentra bawang putih

Pada saat yang sama, Jokowi juga meninjau lahan pertanian yang juga dikembangkan di desa tersebut.

Sebelumnya, pada akhir 2018, Kementerian Pertanian melakukan percobaan budi daya bawang putih dengan mengalokasikan bibit kepada Desa Parsingguran.

Budi daya yang dilakukan saat itu dikabarkan mampu menghasilkan lebih kurang 16,4 ton bawang putih di lahan seluas 1 hektar.

“Kita harapkan paling tidak bawang putih, tidak usah untuk suplai nasional, tapi untuk suplai Provinsi Sumatera Utara saja, itu sudah mengurangi impor banyak sekali,” kata Jokowi.

Baca juga: Setelah Pelebaran Jalan Selesai, Jokowi Berharap Kapal Wisata Bisa Memutari Pulau Samosir

Hasil budi daya lainnya yang juga sempat dicicipi oleh Presiden dari desa tersebut adalah jeruk yang baru saja dipanen.

“Tadi saya nyoba jeruk, segar banget rasanya karena memang udaranya cocok, tanahnya cocok,” tuturnya.

Dari tempat tersebut, Presiden Jokowi langsung menuju Bandar Udara Internasional Silangit di Kabupaten Tapanuli Utara untuk kemudian lepas landas menuju Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com