Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jalur Pendakian Gunung Arjuno Ditutup akibat Kebakaran

Kompas.com - 29/07/2019, 17:16 WIB
Andi Hartik,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Jalur pendakian Gunung Arjuno, Jawa Timur, ditutup sementara akibat kebakaran hutan di kawasan itu. Belum dipastikan kapan jalur pendakian itu bakal dibuka kembali.

"Jalur pendakian ditutup. Tapi pasti ada pendaki yang tetap nekat naik. Kalau ketemu pasti disuruh turun," kata Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo, Dedi Hadiana saat dihubungi Kompas.com, Senin (29/7/2019).

Terdapat empat jalur pendakian di gunung tersebut. Yakni jalur pendakian dari Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu; Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang; Purwosari; dan jalur pendakian dari Prigen, Kabupaten Pasuruan. Semua jalur pendakian itu ditutup.

"Empat jalur pendakian ditutup," katanya.

Baca juga: Fakta Gunung Arjuno Terbakar, Evakuasi 59 Pendaki hingga 2 Tim Masih Padamkan Api

Sementara itu, api yang membakar kawasan hutan itu sudah berhasil dipadamkan. Namun petugas masih berjaga untuk memastikan tidak ada lagi nyala api yang masih tersisa.

"Api sudah teratasi, sudah padam," katanya.

Meski begitu, belum diketahui luasan area hutan yang terbakar.

"Kita belum tahu luasannya berapa karena tim belum turun," katanya.

Diketahui, hutan di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo atau kawasan Gunung Arjuno terbakar sejak Minggu (28/7/2019). Kebakaran terdeteksi pukul 09.30 WIB.

Baca juga: Gunung Arjuno Terbakar, 59 Pendaki Dievakuasi

Area hutan yang terbakar berada di ketinggian 2.800 mdpl. Sedangkan puncak Gunung Arjuno setinggi 3.339 mdpl. Posisi kebakaran berada di sisi barat gunung atau masuk wilayah Bumiaji, Kota Batu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com