Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPRD Minta Jalan Lingkar Kota Tasikmalaya Penopang Tol Cigatas Segera Dibangun

Kompas.com - 29/07/2019, 11:11 WIB
Irwan Nugraha,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tasikmalaya meminta pihak eksekutif untuk segera mempercepat pembangunan jalan penopang Tol Cigatas yang saat ini sedang dilelang oleh pusat.

Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap atau dikenal Cigatas dan lima proyek tol lainnya telah masuk proses lelang.

"Jelas, harus segera dipersiapkan jalan arteri pendukungnya di Kota Tasikmalaya. Kalau melihat perencanaan, itu masuk ke lanjutan Jalan lingkar Selatan atau lanjutan Jalan Mangkubumi-Indihiang atau Mangin," ujar Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Muslim kepada Kompas.com, Senin (29/7/2019).

Baca juga: Ridwan Kamil Sebut Tol Cigatas Mampu Majukan Priangan Timur

Menurut Muslim, Kota Tasikmalaya nantinya menjadi salah satu daerah yang paling diuntungkan dengan pembangunan tol yang dijanjikan Presiden Joko Widodo, saat masa kampanye Pilpres beberapa bulan lalu.

Peningkatan pembangunan daerah dan ekonomi masyarakat akan semakin maju, karena kehadiran jalan tanpa hambatan tersebut.

Apalagi, menurut Muslim, selama ini dari Tasikmalaya ke Bandung biasanya ditempuh selama 4 jam tanpa macet. Dengan adanya tol ini, jarak tempuh bisa dicapai hanya dalam 45 menit saja.

"Sekarang 4 jam kalau tak macet ke Bandung. Kalau macet bisa sampai 12 jam. Dengan adanya tol, paling 45 menit sudah sampai Bandung," kata Muslim.

Selain itu, pembangunan perkotaan dan kawasan industri nantinya semakin dilirik oleh para investor. Sebab, selama ini wilayah Priangan Timur masih mengandalkan wilayah Bandung dan Cirebon sebagai kota besar untuk pasokan berbagai barang industri.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan menyebut, pembangunan jalan arteri lingkar kota akan segera dibangun kembali. Salah satunya, lanjutan jalan layang pembangunan Lingkar Utara.

Ivan mengatakan, pembangunan jalan lingkar Kota Tasikmalaya sifatnya semakin mendesak. Apalagi, nantinya akan menjadi salah satu jalan pendukung Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap.

Pihaknya pun berharap pemerintah pusat bisa memberikan alokasi anggaran untuk percepatan pembangunan jalan tersebut.

"Tasikmalaya sudah menjadi salah satu tujuan pembangunan prioritas pusat. Buktinya dengan Tol jalur Selatan sampai ke Yogyakarta nantinya sudah siap untuk dibangun," kata Ivan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com