Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Para Koboi Jajakan Hewan Kurban...

Kompas.com - 29/07/2019, 07:43 WIB
Firman Taufiqurrahman,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com – Sebuah tempat penjualan hewan kurban di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mengusung konsep yang unik dan kreatif.

Jika biasanya penataan tempat jualan hewan terkesan alakadarnya, di tempat penjualan sapi yang diberi nama Gapura Kurban yang berlokasi di Cijedil, Kecamatan Cugenang, Cianjur ini menyajikan nuansa yang berbeda.

Baca juga: Kisah Pilu TKW Sri Wahyuni, Diperdagangkan dan Disiksa Majikan di Arab Saudi

Nuansa yang dimakud adalah suasana “wild wild west” lengkap dengan para sales promotion boy (SPB) yang mengenakan kostum koboi.

Selain tak lepas dari topi khasnya, mereka juga mengenakan aksesoris berupa rompi dan sepatu boot ala koboi Amerika.

Agar lebih mengentalkan rasa koboi, ornamen yang dipajang pun sangat identik, seperti meja bar, tong-tong dari kayu, bangunan berdinding jerami dan alunan musik country.

Sebuah depot penjualan hewan kurban di Cianjur, Jawa Barat mengusung tema koboi sebagai salahsatu srategi pemasaran untuk menarik minat pembeli.Firman Taufiqurrahman Sebuah depot penjualan hewan kurban di Cianjur, Jawa Barat mengusung tema koboi sebagai salahsatu srategi pemasaran untuk menarik minat pembeli.
Pengelola Gapura Kurban, Rahmat Suntana (36) mengatakan, konsep yang diusungnya ini disiapkan setahun lalu.

Selain sebagai bagian dari strategi marketing, pihaknya ingin menghilangkan kesan bahwa tempat jualan hewan kurban kotor dan jorok.

“Jadi, kita ingin ikonik saja, meski tentunya ada imbas pada tingkat penjualan juga,” kata Rahmat kepada Kompas.com, Minggu (28/7/2019).

Diharapkan, para pengunjung atau calon pembeli yang datang ke Gapura Kurban merasa nyaman dan pada akhirnya membeli hewan kurban jualannya.

“Karena itu, selain soal penampilan kita, penampilan hewan-hewan ini tentunya jadi perhatian utama. Penampilan dan kondisi kesehatannya benar-benar kita jaga, rawat dan perhatikan,” ujarnya.

Baca juga: Kisah Mantan Tenaga Honorer Menyulap Getah Gambir Jadi Pewarna Kain Jumputan Beromzet Jutaan

Rahmat menjamin hewan-hewan kurban yang diperjualbelikannya bersertifikat dan telah lolos pemeriksaan medis dari dinas terkait setempat.

“Pastinya harga jual stabil. Kita juga punya beberapa keunggulan, selain biaya pemeliharaan gratis, kesehatan gratis, termasuk tidak ada biaya antar, juga (pembelian) bisa diangsur,” ungkapnya.

Harga hewan kurban yang diperjualbelikan di sini bervarisi. Untuk hewan kurban domba harga minimal dibanderol Rp 2,5 juta, sedangkan harga jual untuk sapi mulai dari kisaran Rp 20 juta hingga Rp 30 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com