Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karhutla di Riau Belum Padam, Malah Semakin Meluas

Kompas.com - 28/07/2019, 12:22 WIB
Idon Tanjung,
Fabian Januarius Kuwado

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Sri Gemilang, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak, Riau, belum padam. Petugas gabungan masih berupaya memadamkan api dari darat dan udara.

Pada Minggu (28/7/2019) ini, memasuki hari kedelapan pemadaman karhutla oleh tim Manggala Agni bersama TNI, kepolisian, Damkar, BPBD dan masyarakat peduli api (MPA), serta perusahaan swasta.

Kepala Manggala Agni Daops Siak Ihsan Abdillah mengatakan, luas lahan terbakar bertambah dari sebelumnya.

"Bertambah menjadi 30 hektar. Tapi sekarang sudah bisa disekat," kata Ihsan saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu.

Baca juga: 5 Fakta Baru Karhutla di Riau, Ganggu Jarak Pandang Warga hingga Kesulitan Air

Demi mengoptimalkan pemadaman api, tim menambah kekuatan pemadaman dari udara.

"Pemadaman kita lakukan dari darat dan dibantu tim satgas udara dengan menggunakan satu helikopter water bombing," sebut Ihsan.

Di lokasi kebakaran lahan, asap masih cukup tebal. Sebab, lahan yang terbakar merupakan tanah gambut dan semak belukar.

Ihsan menyebutkan, kebakaran lahan ini terdapat di areal perusahaan PT Wahana Subur Sawit Indah dan PT Gelora Sawit Makmur. Kebakaran terjadi sejak.

"Asap lumayan tebal, tergantung angin. Untuk sumber air, kita dibantu alat berat buat embung," kata Ihsan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru sendiri, mendeteksi 61 titik panas (hotspot) di Riau, Minggu pagi.

Baca juga: Karhutla Riau Bakar 20 Hektar Lahan Sawit, Api Sulit Dipadamkan Karena Minim Sumber Air

Titik panas tersebar di sebelas wilayah. Prakirawan BMKG Stasiun Pekanbaru Mia Vadilla mengatakan, titik hotspot terbanyak ditemukan di Kabupaten Pelalawan sebanyak 28 titik.

Kemudian di Kabupaten Siak 8 titik, Bengkalis 7 titik, Indragiri Hilir 6 titik, Indragiri Hulu 4 titik, Rokan Hulu 3 titik, Rokan Hilir 2 titil. Sedangkan Kabupaten Kampar, Kepulauan Meranti dan Kuantan Singingi, masing-masing 1 titik.

"Untuk confidence 70 persen, Kabupaten Pelalawan 20 titik, Bengkalis 2 titik, Rokan Hulu 3 titik, Kuantan Singingi 1 titik, Siak 2 titik dan Indragiri Hulu 2 titik," sebut Mia.

 

Kompas TV 35 titik api terpantau berada di sejumlah kabupaten di Riau, Sabtu (27/7) siang. Jumlah ini meningkat jika dibandingkan Jumat (26/7) kemarin.<br /> <br /> Dari 35 titik api, 23 berada di Kabupaten Pelalawan, 9 di Kabupaten Siak, 2 di Kabupaten Indragiri Hilir dan 1 di Kabupaten Indragiri Hulu.<br /> Sementara itu, upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan masih terus dilakukan oleh Tim Satgas Karhutla Riau. Pemadaman dilakukan melalui jalur darat dan udara.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com