Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Granat Ditemukan di Galian Tambang Kalsel

Kompas.com - 28/07/2019, 08:00 WIB
Andi Muhammad Haswar,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BALANGAN, KOMPAS.com - Sebuah granat ditemukan warga di Desa Lalayau, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, Kamis (25/7/2019) Sore.

Kapolsek Juai Ipda Paisal Kadapi mengatakan, granat pertama kali ditemukan oleh warga Rusmani (45) bersama rekannya Muhammad Nor (30) saat menyedot pasir di daerah tambang galian C Desa Lalayau.

"Yang temukan warga di daerah penyedotan pasir. Mereka langsung melapor ke kami, setelah itu lokasi kami sterilkan dengan police line," ujarnya saat dihubungi, Jumat (26/7/2019).

Baca juga: Kisah Pemimpin Pesantren Bela Hak Waria hingga Raih Penghargaan Pejuang HAM

Saat ditemukan, granat itu sudah berkarat. Tim Jihandak Brimob Polda Kalsel dikerahkan untuk memastikan apakah granat tersebut aktif.

"Kita menghubungi polres, selanjutnya diteruskan ke Brimob Polda Kalsel untuk memastikan. Kalau kami tak berani bertindak," ujarnya.

Baca juga: Kisah Pernikahan Anak di Kamp Pengungsian Palu, Menikah dengan Teman hingga Hamil Lebih Dulu

Tim Jihandak Brimob Polda Kalsel yang tiba di lokasi langsung melakukan pemeriksaan untuk memastikan. Selanjutnya benda tersebut dibawa ke Markas Brimob Polda Kalsel.

"Kalau diliat dari bentuknya, mungkin granatnya buatan sebelum kemerdekaan," ujarnya.

Pasca temuan benda yang diduga granat, polisi mengimbau agar warga tetap berhati-hati melakukan aktivitas di sekitar sungai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com