Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nawa, Bhakti, Harmoni, Bayi Harimau Penghuni Baru Taman Safari Prigen

Kompas.com - 27/07/2019, 19:36 WIB
Achmad Faizal,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Koleksi Harimau Benggala di Taman Safari Prigen, Pasuruan, Jawa Timur bertambah 3 ekor. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberinya nama Nawa (betina), Bhakti (jantan), dan Harmoni (betina).

Aries Agung Paewai, Kepala Biro Humas Dan Protokol Pemprov Jawa Timur mengatakan, Gubernur Khofifah memberi nama ketiga anak harimau itu usai menghadiri acara peringatan Hari Anak Nasional 2019 di Taman Safari Prigen, Sabtu (27/5/2019).

"Ibu gubernur beri nama Nawa, Bhakti dan Moni," kata Aries, dikonfirmasi.

Nawa, Bhakti, dan Moni lahir dari indukan betina bernama Karina yang berusia 5 tahun, dan pejantan bernama Kralvano berumur 6 tahun.

"Dilahirkan 27 April lalu melalui proses kelahiran normal," kata Curator Life Science Taman Safari Prigen, drh Ivan Chandra, dikonfirmasi terpisah.

Baca juga: Tiga Bayi Bison Eropa dan Amerika Hadir di Taman Safari Prigen

Kelahiran bayi harimau putih (Panthera Tigris Tigris) itu menambah koleksi satwa langka Taman Safari Prigen menjadi total berjumlah 13 ekor.

"Bayi-bayi harimau putih menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung Taman Safari Prigen, karena sudah bisa dilihat dari dekat di kawasan Baby Zoo," jelasnya.

Menurut Ivan, hadirnya ketiga bayi harimau itu menjadi bukti keberhasilan pengembangbiakkan (breeding) di Taman Safari Prigen.

"Apalagi untuk harimau benggala yang sudah termasuk ke dalam zona merah, yang artinya terancam punah. Bahkan, secara global populasi harimau benggala mengalami penurunan secara signifikan," terangnya. (K15-11)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com