Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Wagub Jabar: Angka Kemiskinan Tasikmalaya Menurun

Kompas.com - 27/07/2019, 16:38 WIB
Mico Desrianto,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengapresiasi program pembangunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya yang berhasil menurunkan angka kemiskinan.

Hal tersebut diungkapkan Uu usai menghadiri rapat Paripurna Istimewa DPRD Tasikmalaya sekaligus peringatan hari jadi Tasikmalaya ke-387, Jumat (26/07/19).

"Saya dapat laporan dari Pak Bupati (Tasikmalaya) bahwa angka kemiskinannya turun. Tentu ini bagus dan saya lihat saat ini semakin maju," ucap dia sesuai rilis yang Kompas.com terima, Sabtu (27/7/2019).

Dikatakannya pada 2017 angka kemiskinan Tasikmalaya mencapai 183.350 jiwa atau 10,84 persen, sedangkan pada 2018 angka kemiskinan menjadi 172.410 jiwa atau 9,85 persen.

Baca juga: Wagub Jabar: Pemilihan Presiden Telah Selesai, Mari Rajut Persatuan

Uu juga memandang, turunnya angka kemiskinan tak lepas dari pembangunan infrastruktur.

Di antaranya adalah pembangunan jalan dan jembatan, pembangungan saluran irigasi untuk menjaga ketersediaan air. Nah pembangunan ini turut mempengaruhi kondisi perekonomian warga.

Bukan cuma infrastruktur, keberhasilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya dalam membangun daerahnya terlihat dari apresiasi pemerintah pusat yang menyematkan wilayah ini sebagai kota layak anak.

"Dua hasil yang telah digapai itu akan memacu kami untuk memaksimalkan pembangunan di bidang pendidikannya, kesehatan masyarakat dan pariwisata," katanya.

Apalagi ke depan, kata dia, masih banyak tantangan pembangunan yang akan dihadapi Pemkab Tasikmalaya.

"Semoga jadi kabupaten terbaik di Jawa Barat," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com