Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Pulau Nipah, Pulau Terdepan di Indonesia

Kompas.com - 27/07/2019, 14:40 WIB
Hadi Maulana,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com — Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Kepolisian RI Jenderal (Pol) Tito Karnavian beserta rombongan meninjau Pulau Nipah, Kelurahan Pemping, Kecamatan Belakang Padang, Batam, Kepulauan Riau, yang merupakan salah satu pulau terdepan yang berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia, Sabtu (27/7/2019).

Dalam kunjungan itu, Panglima TNI dan Kapolri juga memberikan motivasi kepada personel TNI AD yang bertugas di pulau terdepan tersebut.

Tidak itu saja, seusai dari Pulau Nipah, Panglima TNI dan Kapolri juga langsung menuju Mapolda Kepri.

Baca juga: Jokowi: Kawasan Perbatasan dan Pulau Terdepan Harus Merasakan Kehadiran Negara

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berpesan agar seluruh prajurit terus bersinergi menjaga teritorial Indonesia, baik TNI maupun Polri.

Hadi mengatakan, Pulau Nipah merupakan pulau terdepan yang nyaris hilang akibat ulah tambang pasir, tetapi belakangan cepat dihentikan dan akhirnya dilakukan reklamasi hingga akhirnya bisa menjadi pulau terdepan yang difungsikan sebagai markas TNI AD dalam menjaga kedaulatan NKRI.

"Saya minta TNI-Polri selalu kompak dalam menjaga kedaulatan Indonesia, khususnya pulau terdepan yang ada di Kepri," kata Hadi.

Baca juga: Perjalanan di Pulau Natuna, Pulau Terdepan Negeri

Hadi juga menyempatkan diri memberikan semangat kepada personel Polri yang ada di Polda Kepri.

Hadi berharap personel Polri dan TNI bertugas dengan baik dan terus menjaga eksistensi pulau-pulau terdepan Indonesia.

"Selamat bertugas untuk rekan-rekan yang selalu menjaga perbatasan Indonesia dengan baik," kata Hadi.

Baca juga: Pesan Jokowi untuk Perwira Muda TNI-Polri: Jangan Pernah Kecewakan NKRI

Kapolri juga berharap agar personel TNI dan Polri bisa selalu menjaga kebersamaan dalam bertugas di pulau terdepan.

Sebab, kebersamaan adalah poros penting TNI-Polri agar selalu bersinergi dalam menjaga perbatasan Indonesia, khususnya di Pulau Nipah.

"Jika Pulau Nipah hilang, wilayah batas teritorial Indonesia juga akan berkurang. Ini perlu menjadi perhatian khusus untuk semua pihak demi menjaga kedaulatan wilayah pulau terdepan yang ada di Kepri," katanya.

Tidak saja berpesan dalam hal kekompakan, keduanya juga berjanji melakukan penambahan radar untuk mendeteksi kapal-kapal asing yang melintasi perairan Indonesia.

Kompas TV Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian menyampaikan sambutannya pada peringatan Hari Bhayangkara ke-73 Di Lapangan Monas, Jakarta Pusat. Dalam sambutannya Kapolri berterima kasih atas naiknya tunjangan bagi anggota Polri karena dirasa sangat positif bagi anggota Polri. Berikut sambutan dari Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian dalam peringatan Hari Bhayangkara ke-73. #HariBhayangkara #Kapolri
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com