Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Tangkuban Parahu Erupsi Selama 5,5 Menit, Abu Capai Lembang

Kompas.com - 26/07/2019, 18:46 WIB
Caroline Damanik

Editor

KOMPAS.com -  Gunung Tangkuban Parahu di Jawa Barat mengalami erupsi, Jumat (26/7/2019) sore, sekitar pukul 15.48 WIB. Erupsi terjadi selama 5,5 menit dengan sebaran abu vulkanik mencapai radius 1-2 kilometer.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan bahwa kolom abu teramati dengan ketinggian kurang lebih 200 meter di atas puncak.

Asap tebal warna kelabu tebal dan abu mengarah ke timur, utara dan selatan.

"Distribusi abu teramati Di Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat," kata Agus Wibowo, Pelaksana Harian Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (26/7/2019).

Baca juga: Kawasan Wisata Gunung Tangkuban Parahu Ditutup

"Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat mendapatkan informasi dari warga di Kecamatan Cisarua bahwa abu mengarah ke sana. Sedangkan laporan dari BPBD, abu erupsi tidak terlihat dari kantor BPBD Bandung Barat yang berjarak 17-20 km dari gunung," lanjut dia.

Menurut Agus, PVMBG tengah mengevaluasi status Gunung Tangkuban Parahu yang berada pada level normal. 

Baca juga: Gunung Tangkuban Parahu Meletus, Turis Dilarang Dekati 2 Kawah Ini

BNPB pun mengimbau warga di sekitar gunung untuk tetap tenang dan tidak terpancing oleh isu-isu yang belum dapat dikonfirmasi kebenarannya serta memonitor peringatan maupun informasi dari pemerintah daerah atau BPBD setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com