Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Monyet Kecil Disuruh Curi Makanan, Monyet Dewasa Berjaga di Luar...

Kompas.com - 26/07/2019, 11:57 WIB
Markus Yuwono,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com- Puluhan monyet ekor panjang kerap mencuri makanan di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta.

Mereka punya cara unik yakni menyuruh monyet kecil untuk masuk dan monyet dewasa menunggu di luar selama monyet kecil beroperasi.

Seorang pemilik warung, Paijem (45) menceritakan, sejak beberapa tahun terakhir kawanan monyet ekor panjang menyerbu warungnya ketika musim kemarau. Mereka mengambil apapun yang ada, mulai dari roti hingga makanan kecil lainnya.

Uniknya saat ditunggu mereka tidak berani mengambil. Hanya berkeliaran di sekitar Gunung Api Purba. Saat lengah mereka langsung mengambil satu persatu makanan yang ada. Bahkan ketika ada pengunjung yang makan dan tidak memperhatikan mereka mengambil roti didekatnya.

"Bahkan yang di warung tidak permanen, mereka pintar. Ada lubang kecil seperti menyuruh monyet kecil masuk dan dua ekor ukuran besar menunggu di luar," katanya saat ditemui di Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran, Jumat (26/7/2019).

Baca juga: Kisah Pemimpin Pesantren Bela Hak Waria hingga Raih Penghargaan Pejuang HAM

Ketika satu ekor berhasil mencuri, kawanan monyet lain ikut dari belakang.

Pengelola Gunung Api Purba Nglanggeran, Sudadi mengatakan, sudah lima tahun terakhir kawanan monyet turun menyerbu permukiman warga. 

Baca juga: Kisah Para Pemanjat yang Lumpuh karena Jatuh dari Pohon, Kini Berharap Kursi Roda

Dari pengamatan Kompas.com, kawanan monyet ini tampak berkeliaran. Namun, ketika didekati mereka melarikan diri. Ukuran mereka beragam mulai kecil hingga besar.

Mereka memakan apa saja yang ada di sekitar, Ketika sejumlah pengelola memberikan kacang mereka mengambil dan naik keatas pohon, sebagian lainnya menikmati sambil duduk.

"Mungkin di atas sudah kering, lalu mereka turun, bahkan masuk ke warung," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com