Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pindad Bongkar Rahasia TNI AD Juarai Lomba Tembak Internasional 12 Kali Berturut-turut

Kompas.com - 24/07/2019, 09:52 WIB
Reni Susanti,
Khairina

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kontingen petembak TNI AD kembali menjadi juara umum lomba tembak Internasional Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) di Puckapunyal Military Range, Australia.

“Ini kemenangan yang ke-12. Sudah 12 kali berturut-turut TNI AD berhasil memenangkan AASAM dan senjata yang digunakan merupakan produksi Pindad,” ujar Direktur Utama Pindad, Abraham Mose dalam rilisnya, Rabu (24/7/2019).

Abraham Mose mengungkapkan rahasia kemenangan tersebut. Prestasi itu bisa diraih berkat kombinasi sistem pembinaan TNI AD yang unggul, faktor prajurit yang sangat terlatih, dan faktor produk senjata dan munisi yang handal.

Baca juga: Presiden Jokowi Bertemu Prabowo, Stasiun MRT Senayan Dijaga TNI AD

“Prestasi dicapai dengan kerja keras dan semangat sinergi semua unsur. Karena itu pula Pindad merasa bangga dan memberikan apresiasi sebesar Rp 1,25 miliar untuk kontingen petembak TNI AD,” tuturnya.

Dalam AASAM, petembak Indonesia menggunakan senjata Karaben SS2 V2 Heavy Barrel, Senapan SS2 V4 Heavy Barrel serta munisinya buatan Pindad.

Prestasi yang diperoleh Indonesia di AASAM sejak 2008 ini membuktikan bahwa kualitas senjata buatan dalam negeri mampu mengungguli senjata buatan negara-negara lain.

Abraham berharap, sinergi yang sudah terjalin antara industri pertahanan dalam negeri dengan TNI AD terus ditingkatkan. Ini dilakukan untuk menghasilkan produk yang andal sesuai masukan dari para petembak.

“Pindad berterima kasih atas dukungan seluruh pimpinan TNI AD serta tim petembak yang memberikan masukan untuk memperbaiki kualitas produk dan layanannya,” ucapnya.

Baca juga: Juara Tembak Tingkat ASEAN, TNI AD Ikut Promosikan Senjata Buatan Pindad

Sinergi Pindad dengan TNI, dari sejak pembinaan menjadi kunci untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan meraih prestasi di berbagai lomba tembak internasional.

Indonesia secara total meraih juara umum lomba tembak AASAM tahun 2019 setelah meraih 21 emas, 14 perak, dan 10 perunggu di berbagai materi lomba tembak yang diperebutkan.

AASAM merupakan lomba tembak bergengsi antar Angkatan Darat yang tahun ini diikuti 20 negara di wilayah Asia-Pasifik dan beberapa negara dari Benua Amerika dan Eropa seperti Amerika Serikat, Inggris, Perancis, hingga tuan rumah Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com