Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syukur Warga Samosir yang Anak-anaknya Masih Belajar Pakai Lampu Teplok

Kompas.com - 23/07/2019, 07:46 WIB
Candra Setia Budi

Editor

MEDAN, KOMPAS.com - Bupati Samosir Rapidin Simbolon menyampaikan, pada tahun 2019 akan ada dua belas dusun yang dialiri listrik.

"Puji Tuhan, untuk tahun 2019 ini ada 12 dusun di Kabupaten Samosir mendapat program dari Perusahaan Listrik Negara (PLN)," ujarnya, Senin (22/7/2019).

Seperti halnya di Sosor Lontung Dusun I, Desa Parbaba Dolok, Kecamatan Pangururan, ada 22 Kepala Keluarga sejak lama mendambakan penerangan cahaya listrik. Dan kini, tidak lama lagi cahaya listrik akan segera menerangi desa mereka.

Baca juga: Diduga Korsleting Listrik, 13 Rumah Terbakar

Selama ini, warga masih kesulitan menjalankan aktivitas malam hari, terlebih anak-anak sekolah. Melihat anak-anak masih ada yang belajar di bawah penerangan lampu teplok hingga hidung menghitam, tahap pertahap Pemkab Samosir membangun sarana listrik di sana.

Kata Rapidin, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan listrik, Pemkab Samosir terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan PLN dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia (RI).

Beberapa waktu lalu, Tim PLN pun sudah melakukan survei ke dusun yang belum teraliri listrik di Kabupaten Samosir.

Rapidin mengatakan, program pembangunan sarana penerangan itu akan terus dikoordinasikan secara intensif ke PLN maupun Kementerian ESDM RI di Jakarta. Hingga saat ini Rapidin akan terus mengupayakan percepatan pembangunan jaringan listrik.

"Apalagi listrik ini sudah termasuk kebutuhan mendasar. Jadi meski harus bertahap, semua masyarakat Samosir harus dapat menikmati listrik dari PLN," ujarnya.

Baca juga: Gempa Maluku Utara Rusak Jaringan Listrik di Halmahera Selatan

Amatan Tribun Medan saat ini tiang dan kabel untuk aliran listrik sudah sampai di Sosor Lontung Dusun I, Desa Parbaba Dolok, Kecamatan Pangururan. Warga senyum sumingrah, yakin anak-anaknya akan tidak lagi belajar pakai lampu teplok.

"Syukurlah, desa kami akhirnya diliri listrik. Sudah lama kami nantikan, semoga anak-anak kami makin giat belajar meski selama ini hanya pakai lampu teplok,"ujar Simarmata.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan dengan judul 12 Dusun di Samosir akan Dialiri Listrik Tahun Ini, Anak Desa Tak Lagi Belajar Pakai Teplok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com