Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil dan Bima Arya 4 Hari di Inggris, Ini yang Dilakukan

Kompas.com - 22/07/2019, 18:59 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor membuka peluang kerjasama di bidang ekonomi, lingkungan, dan seni budaya dengan sejumlah institusi di London, Inggris.

Untuk menjajaki kerjasama tersebut, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto melakukan kunjungan kerja ke negeri Ratu Elizabeth itu selama empat hari, terhitung sejak 21-24 Juli.

Selain Bima, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga turut serta. Dalam kunjungan kerjanya itu, keduanya turut didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat Dedi Taufik, Direktur Bank Indonesia (BI) Regional Jawa Barat Pribadi Santoso, Ketua Umum Kadin Jawa Barat Tatan Pria Sudjana, Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan Sosial, Budaya dan Pemerintahan Bappeda Kota Bogor Rudiyana.

Kasubag Humas Pemkot Bogor Dian Intania mengatakan, salah satu pertemuan di sana juga membahas soal finalisasi investasi pengelolaan sampah plastik menjadi solar dari perusahaan Inggris, yakni Plastic Energy Limited dengan nilai investasi sebesar Rp 3 triliun.

Kota Bogor, sambung Dian, dipilih sebagai kota pertama yang akan melakukan kerjasama dengan Plastic Energy Limited dalam pengelolaan sampah plastik yang dapat diubah menjadi sumber energi.

Di sektor pendidikan, kata Dian, peluang kerjasama juga terus dijajaki untuk membangun pusat budaya Sunda di London.

"Ini merupakan upaya peningkatan kerjasama di berbagai bidang, mulai pengelolaan sampah hingga bidang pendidikan vokasi. Serta tidak kalah penting yakni pertemuan kerjasama dengan mitra pemerintahan daerah terkait, khususnya pemerintahan Manchester Raya dalam menjajaki kerja sama multi-sektoral antara kedua pemerintah daerah," ungkap Dian, Senin (22/7/2019).

Baca juga: Kata Warga Puncak Bogor soal Suhu yang Semakin Dingin, Lidah Terasa Pahit hingga Penjualan Sayur Menurun

Selain agenda penjajakan kerja sama, Bima juga berkesempatan melakukan pertemuan dengan Ketua Pertukaran Kebijakan Think Tank Inggris dan Wali Amanat International Crisis Group Alexander Downer. Ia juga Ketua Eksekutif Sekolah Internasional untuk Pemerintahan di King’s College London.

Pemkot Bogor dan Pemprov Jawa Barat juga membahas soal program English for Ulama dengan beberapa institusi di Inggris.

Ke depan, Inggris akan menjadi salah satu negara tujuan duta Jawa Barat lulusan English for Ulama untuk menggemakan Islam damai ke seluruh dunia.

"Rombongan juga diundang oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London untuk menghadiri pembukaan pusat budaya Sunda di Universitas Manchester. Maka itu, Pak Gubernur (Ridwan Kamil) juga mengajak tim Saung Angklung Udjo untuk tampil dalam acara tersebut," ujarnya.

Baca juga: Mimpi Bogor Punya LRT Segera Terwujud

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com