Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Panderman Terbakar, 2 Pendaki Terakhir Selamat

Kompas.com - 22/07/2019, 07:00 WIB
Andi Hartik,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu memastikan tidak ada pendaki yang terjebak akibat kebakaran yang melanda hutan lereng Gunung Panderman di Kota Batu, Minggu (21/7/2019).

Dua pendaki terakhir gunung tersebut berhasil turun dengan selamat.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim mengatakan, dua pendaki terakhir yang berhasil turun adalah M Adnan Fanani dan Firgiawan Listanto.

"Saat ini dua orang pendaki terakhir atas nama M Adnan Fanani dan Firgiawan Listanto yang berasal Kabupaten Mojokerto sudah turun dan berada di pos pantau Gunung Panderman," ujar Rochim melalui keterangan tertulis, Minggu malam.

Baca juga: Gunung Panderman di Kota Batu Terbakar, Petugas Data Pendaki

Rochim menjelaskan, titik api berada di petak 227. Tim gabungan terus memantau pergerakan api dan mengantisipasi agar tidak menjalar ke permukiman.

"Penanganan malam ini dilakukan pemantauan dan antisipasi api agar tidak sampai ke perumahan warga," katanya.

Tim gabungan bersama dua pendaki Gunung Panderman yang berhasil turun dengan selamat akibat kebakaran hutan.Dok. BPBD Kota Batu Tim gabungan bersama dua pendaki Gunung Panderman yang berhasil turun dengan selamat akibat kebakaran hutan.

Proses pemadaman akan dimulai pada Senin (22/7/2019) pagi. Tim akan mengutamakan pemadaman di area hutan produksi untuk menghindari hasil getah pinus yang mudah terbakar. Tim juga akan membuat sekat pembatas agar api tidak meluas.

Aktivitas pendakian menuju puncak gunung setinggi 2.045 meter dari permukaan laut (mdpl) itu untuk sementara ditutup. Pendakian akan kembali dibuka setelah api berhasil dipadamkan dan kondisi jalur dipastikan aman.

Diketahui, lereng Gunung Panderman Kota Batu, Jawa Timur, terbakar, Minggu (21/7/2019). Api mulai terlihat pada pukul 19.45 WIB.

Baca juga: Alami Hipotermia, Pendaki Gunung Panderman Dievakuasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com