Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat kecamatan di Kabupaten Simeulu, Aceh, Dilanda Banjir dan Longsor

Kompas.com - 21/07/2019, 14:28 WIB
Raja Umar,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Setelah dilanda hujan lebat sejak Sabtu (20/07/2019) kemarin yang mengakibatkan air sungai meluap, 16 desa yang tersebar di empat Kecamatan di Kabupaten Simeulu, Provinsi Aceh dilanda banjir. Ketinggian banjir yang merendam ratusan rumah warga itu mencapai 80 hingga 100 centimeter.

Banjir terjadi sekitar Pukul 2019 Pukul 05.00 WIB tadi pagi, karena luapan air dari beberapa sungai,” kata Teuku Ahmad Dadek, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) dalam rilis group WhatsApp media center BPBA, Minggu (21/07/2019).

Baca juga: Banjir, Longsor, dan Jembatan Ambruk Terjadi di Bengkulu

Menurut Dadek, banjir luapan air sungai, terjadi tanah longsor yang mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak yang berada di Desa Air Dingin dan Desa Suka Karya Kecamatan Simeulu Timur.

Longsor juga berdampak rusaknya rumah warga di dua titik di Kecamatan Simeulu Timur, dari laporan tim BPBD Simeulu saat ini belum ada korban jiwa dan warga korban banjit belum mengungsi,” katanya.

Baca juga: Di Balik Banjir, Longsor, dan Puting Beliung yang Silih Berganti

Masih Kata Dadek, upaya penanganan yang sedang dilakukan Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) saat ini bersama dengan pihak Kecamatan dan Desa setempat melakukan peninjauan ke lokasi banjir melakukan pendataan korban, agar segera dapat dilakukan upaya penanganan darurat bencana.

“Tim BPBD sedang melakukan melakukan pendataan di lokasi, estimasi kerusakan dan kerugian sedang tahap perhitungan,” ujarnya.

Kompas TV Ruas jalan nasional #LabuanBajo-Ruteng masih lumpuh total. Proses evakuasi warga pun terhambat akses yang terputus. Warga yang mengungsi terpaksa berjalan kaki dari Cikonobo melewati Kecamatan Mbeliling untuk bisa keluar dari Jalur Trans Flores yang tertutup material longsor. Total ada 16 titik #longsor di 4 kecamatan yang terdampak banjir dan longsor. Tak hanya ruas jalan, 1 jembatan penghubung roboh akibat #banjir dan longsor yang terjadi Rabu (6/3/2019) malam. Beberapa warga yang mencoba melintasi Jalur Trans Flores kesulitan karena jalur yang tertutup material longsor. Kendaraan yang nekat melintas pun terjebak lumpur dan sulit melintas.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com