Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Fakta Sistem Bank Mandiri yang Sempat Error, Didatangi Ratusan Nasabah hingga Saldo Rekening Akan Pulih 2-3 Jam

Kompas.com - 21/07/2019, 13:25 WIB
Candra Setia Budi

Editor

KOMPAS.com - Sejumlah nasabah Bank Mandiri kebingungan dan mengeluhkan terjadinya perubahan pada saldo rekening mereka Sabtu (20/7/2019) pagi.

Sebagian dari mereka mendapati saldo rekeningnya raib, namun sebagian lagi mendapati saldo rekeningnya justru bertambah.

Peristiwa ini pun terjadi hampir di seluruh daerah yang merasa ketakutan karena saldonya berkurang.

Namun, pihak dari Bank Mandiri menjamin saldo nasabah akan segera pulih dalam waktu 2-3 jam ke depan karena sebelum perpindahan ini selalu dilakukan back up data saldo nasabah dan hanya menimpa 10 persen nasabah.

Berikut fakta saldo nasabah Bank Mandiri berkurang di sejumlah daerah:

 

1. Ratusan nasabah jadi korban

Ilustrasi Bank Mandiri.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Bank Mandiri.

Ratusan nasabah Bank Mandiri di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, memprotes Kantor Cabang Bank Mandiri di Jalan Jenderal Sudirman pada hari Sabtu (20/7/2019).

Salah satunya adalah Kepala Seksi Operasional Basarnas Kalimantan Timur, Octavianto. Dirinya mengaku panik setelah melihat saldo di tabungannya tiba-tiba menjadi Rp 0.

"Saldo di ATM saya yang jumlahnya sekian juta berubah jadi 0 Rp, kejadian sekitar jam 7 pagi tadi, saya ke Bank Mandiri Jendral Sudirman tetapi bisanya pelayanan tutup makanya saya ke sini," kata Octavianto, seperti dilansir dari Tribunnews.

Ternyata Octavianto tidak sendirian. Saat datang ke kantor Bank Mandiri, dirinya melihat ada sekitar ratusan nasabah Bank Mandiri yang juga menjadi korban seperti dirinya.

Baca juga: Saldo Sekian Juta Tiba-tiba Rp 0, Ratusan Nasabah Serbu Kantor Bank Mandiri

 

2. Datangi kantor Bank Mandiri

Saldo hilang membuat sejumlah nasabah Bank Mandiri di Lombok mendatangi kantor cabang utama. Di kantor cabang utama Bank Mandiri tertempel kertas pengumuman penjelasan mengenai saldo hilang tersebut. KOMPAS.com/Idham Khalid Saldo hilang membuat sejumlah nasabah Bank Mandiri di Lombok mendatangi kantor cabang utama. Di kantor cabang utama Bank Mandiri tertempel kertas pengumuman penjelasan mengenai saldo hilang tersebut.

Puluhan warga Mataram mendatangi kantor cabang Bank Mandiri yang berada di Jalan A. A Gede Ngurah, Sapta Marga, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara untuk meminta tanggapan dari pihak bank terkait isu yang beredar soal saldo berkurang, Sabtu (21/7/2019).

Salah satu nasabah Bank Mandiri Cabang Mataram Aris menyebutkan, mengetahui bahwa saldo dirinya kosong saat melakukan pembayaran Indihome dengan cara debit.

"Saya mau membayar Indihome dengan debet tapi kosong," kata Aris di halaman Bank Mandiri Cabang Mataram, Sabtu (20/7/2019).

Baca juga: Resah Saldo Hilang, Puluhan Warga Lombok Datangi Kantor Bank Mandiri

 

3. Nasabah protes

Sejumlah nasabah yang kehilangan saldo ATM mendatangi Bank Mandiri di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Riau, Sabtu (20/7/2019).IDON Sejumlah nasabah yang kehilangan saldo ATM mendatangi Bank Mandiri di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Riau, Sabtu (20/7/2019).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com