Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkumham: Setya Novanto Sudah Betul-betul Bertobat

Kompas.com - 18/07/2019, 06:21 WIB
Wijaya Kusuma,
Khairina

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly menyampaikan pertimbangan terpidana kasus korupsi KTP elektronik, Setya Novanto kembali ke Lapas Sukamiskin. Setya Novanto kembali ke Lapas Sukamiskin, Minggu (14/7/2019) pukul 20.00 WIB.

"Sudah betul-betul bertobat dan membuat surat pernyataan," ujar Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly di Kompleks Kepatihan, Rabu (17/7/2019).

Baca juga: Berseteru dengan Menkumham, Wali Kota Tangerang Hanya Ingin Warganya Punya Alun-alun

Yasonna menyampaikan Setya Novanto  dan istrinya membuat pernyataan tidak akan mengulangi melakukan pelanggaran kembali.

Di dalam surat pernyataan tersebut, Setya Novanto juga menuliskan siap ditempatkan dimana pun jika kembali melakukan pelanggaran.

Dijelaskanya, Kemkumham mempunyai tugas membina seluruh narapidana. Termasuk juga terpidana kasus korupsi KTP elektronik, Setya Novanto.

Sehingga saat di Rutan Gunung Sindur, Setya Novanto ditempatkan di ruang isolasi. Setya Novanto berada di ruang isolasi selama satu bulan.

"Bahkan kunjungan keluarga tidak dimungkinkan. Hanya pernah karena sakit atau kurang sehat kita beri ruang untuk bertemu. Tapi pada umumnya dia sendiri dan CCTV 24 jam," tegasnya.

Setelah dilakukan evaluasi dari kepala rutan dan jajaran kanwil, serta surat pernyataan yang dibuat oleh Setya Novanto dan istrinya, maka mantan ketua DPR RI di pindahkan ke Lapas Sukamiskin.

"Itu teknisnya di Kanwil. Ya (ditempatkan) seperti tempat biasanya," ujarnya.

Baca juga: Kembali ke Lapas Sukamiskin, Begini Aktivitas Setya Novanto

Sebelumnya, pemindahan Setya Novanto dari Lapas Sukamiskin ke Lapas Gunung Sindur berkaitan dengan beredarnya foto pria yang diduga dirinya tengah plesiran di Kabupaten Bandung Barat.

Novanto mengelabui petugas pengawalan yang saat itu tengah mengawalnya melakukan pengobatan ke RS Santosa Bandung.

Selama satu bulan di Rutan Gunung Sindur, Novanto tidak boleh dikunjungi keluarga. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com