Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-gempa Magnitudo 7,2 di Maluku Utara, 6 Orang Meninggal hingga Jumlah Pengungsi 3.104 Jiwa

Kompas.com - 17/07/2019, 16:35 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Hingga hari Rabu (17/7/2019), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat enam warga meningal dunia dalam bencana gempa 7,2 magnitudo di Kabupaten Halmahera, Maluku Utara.

Selain itu, jumlah pengungsi per hari Selasa (16/7/2019) mencapai 3.104 orang. Para pengungsi tersebut tersebar di 15 titik di beberapa kecamatan di Kabupaten Halmahera Selatan.

Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan juga telah menyalurkan bantuan untuk kebutuhan dasar bagi pengungsi, mulai dari makanan siap saji, air minum, perlengkapan anak-anak, terpal, tikar dan selimut, sejak hari Senin (15/7/2019) lalu.

Baca fakta lengkapnya berikut ini:

1. Jumlah korban meninggal akibat gempa, 6 orang

Ilustrasi jenazah. Ilustrasi jenazah.

Pelaksana harian Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo, menjelaskan, jumlah korban meninggal akibat gempa di Halmahera Selatan adalah 6 orang.

Korban meninggal dunia akibat gempa di Halmahera Selatan mencapai 6 orang,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu.

Warga yang meningal dunia yakni Aisyah (54), warga Desa Ranga-Ranga, Gane Barat Selatan. Kemudian, Aspar Mukmat (20), warga Desa Gane Dalam, Gane Timur Selatan.

Kemudian, Sagaf Girato (50), warga Desa Yomen, Joronga. Aina Amin (50), warga Desa Gane Luar, Kecamatan Gane Timur Selatan dan Wiji Siang (60) warga Desa Gane Luar, Kecamatan Gane Timur Selatan.

Kelima warga dilaporkan meningal dunia akibat tertimpa reruntuhan bangunan saat gempa mengguncang wilayah terebut pada, Minggu (14/7/2019).

Sementara, satu warga lainnya yang dinyatakan meninggal dunia di lokasi pengungsian teridentifikasi bernama Saima (90), warga Nyonyifi, Kecamatan Bacan Timur.

Baca juga: Korban Meninggal akibat Gempa di Maluku Utara Jadi Enam Orang

2. Jumlah pengungsi mencapai 3.104 orang

Satu dari sekian bangunan (rumah) warga yang roboh di Kecamatan Gane Barat Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara akibat gempa magnitudo 7,2 pada Minggu (14/7/2019). Dok. Facebook Satu dari sekian bangunan (rumah) warga yang roboh di Kecamatan Gane Barat Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara akibat gempa magnitudo 7,2 pada Minggu (14/7/2019).

Sekretaris BPBD Maluku Utara, Ali Yau mengatakan, jumlah pengungsi akibat gempa mencapai 3.104 orang.

Lokasi pengungsian tersebar di 15 titik di beberapa kecamatan termasuk pusat kota Kabupaten Halmahera Selatan.

“Untuk di Labuha (pusat kota Kabupaten Halmahera Selatan) untuk penanganan pengungsi di 9 lokasi pengungsian dengan jumlah 1.104 jiwa,” kata Ali Yau, melalui pesan WhatsApp kepada Kompas.com, Selasa (16/7/2019).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com