Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buaya 2,5 Meter Ditangkap karena Kerap Muncul di Lokasi Pemandian Anak

Kompas.com - 16/07/2019, 22:30 WIB
Raja Umar,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menangkap seekor buaya muara di aliran Sungai Krueng Kala, Kecamatan Lhong, Kabupaten Aceh Besar, dengan menggunakan perangkap.

"Setelah mendapat laporan dari warga setempat, petugas BKSDA telah memasang perangkap pada Minggu (14/7/2019), tadi siang buaya masuk perangkap," kata Erwan Camera Jaya, Kepala Subbagian Tata Usaha, BKSDA Aceh, Selasa (16/7/2019).

Baca juga: Buaya 1,5 Meter Masuk Pemukiman, Warga Panik dan Berlarian

Menurut Erwan, buaya muara itu terpaksa harus ditangkap dari aliran Sungai Krueng Kala, Kecamatan Lhong, Aceh Besar, karena belakangan ini kerap muncul di lokasi tempat pemandian anak-anak.

"Penangkapan buaya itu permintaan warga yang mulai resah dan takut ada korban, karena belakangan sering muncul di lokasi tempat pemandian anak-anak," kata dia.

Baca juga: Fakta Buaya di Atap Rumah yang Hebohkan Warga di Malang

Setelah berhasil masuk perangkap, buaya muara sepanjang 2,5 meter, berbobot 150 kilogram dengan diameter badan sekitar 70 sentimeter itu langsung dievakuasi ke kantor BKSDA di Banda Aceh untuk dikandangkan sementara.

"Saat evakuasi tadi petugas BKSDA dibantu oleh petugas BPBD Aceh Besar, Damkar, Polsek, Koramil dan warga Lhong," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com