Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim SAR Cari Satu Penumpang KM Tidar yang Tenggelam karena Ingin Menolong

Kompas.com - 16/07/2019, 10:49 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com-Regu penyelamat dari Kantor SAR Ambon dikerahkan untuk mencari Arham, seorang penumpang KM Tidar yang terjatuh dan hilang di perairan Pulau Tiga, Maluku, Selasa (16/7/2019).

Arham terjatuh dari atas kapal, saat berusaha menolong La Hamuli, seorang penumpang yang diduga mengalami gangguan kejiwaan, yang akan melompat dari dek 7 KM Tidar, Senin sore. Usai peristiwa itu, pencarian kedua korban langsung dilakukan.

Namun, hanya La Hamuli yang baru ditemukan.

“Tim sudah bergerak tadi pagi menuju lokasi pencarian,” kata Kepala Kantor SAR Ambon, Muslimin kepada Kompas.com, Selasa.

Muslimin mengatakan, tim penyelamat bergerak ke lokasi pencarian dengan menggunakan kapal cepat milik SAR Ambon. Saat ini proses pencarian masih dilakukan di sekitar Pulau Tiga yang menjadi lokasi hilangnya korban.

“Kami berharap proses pencarian berjalan lancar dan korban segera ditemukan,”ujarnya.

Baca juga: Tugboat Tenggelam di Kalbar, 4 ABK Dilaporkan Hilang

Arham diketahui merupakan staf Stasiun Radio Navigasi Namlea, Kabupaten Buru, Maluku. Dia ikut terjatuh saat berusaha menolong La Hamuli yang berusaha melompat dari dek 7 KM Tidar pada Senin kemarin, pukul 16.40 WIT.

Insiden itu sempat membuat nahkoda KM Tidar harus berbalik arah kapal untuk mencari kedua korban yang terjatuh. Selama tiga jam melakukan pencarian, korban La Hamuli akhirnya ditemukan dalam keadaan sudah tidak bernyawa.

Jasad korban kemudian dibawa ke rumah sakit oleh petugas yang telah menanti di Pelabuhan Ambon. Sedangkan Arham dinyatakan hilang dan saat ini masih dicari.

Baca juga: Kapal Pengangkut Wisatawan asal Jepang dan Eropa Tenggelam di Pulau Padar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com