Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Rumah Ibadah, 5 Sekolah dan 2 Jembatan Rusak Akibat Gempa Maluku Utara

Kompas.com - 15/07/2019, 15:41 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Selain rumah warga, gempa berkekuatan 7.2 magnitudo yang mengguncnag Labuha, Halmahera Selatan, Maluku Utara, juga merusak sejumlah fasilitas umum berupa sekolah dan rumah ibadah.

Data yang diterima Kompas.com dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halmahera Selatan, gempa besar yang mengguncang wilayah tersebut merusak sebuah bangunan gereja dan dua gedung sekolah di Desa Ranga-Ranga.

“Di Desa Ranga-Ranga ada dua sekolah dan satu bangunan gereja yang mengalami kerusakan berat,”kata Kepala BPBD Halmahera Selatan Jalil Efendi saat dikonfirmasi, Senin (15/7/2019).

Selain di Desa Ranga-Ranga, keruskaan terhadap gedung sekolah dan rumah ibadah juga terjadi di Desa Gane Luar, Kecamatan Gane Timur Selatan. Di Desa ini tiga gedung sekolah dan sebuah masjid ikut mengalami kerusakan berat akibat gempa.

“Untuk Desa Gane Luar, ada masjid dan tiga sekolah yang juga rusak berat,”kata Jalil.

Baca juga: Rumah Rusak akibat Gempa Maluku Utara Bertambah Jadi 828 Unit

Selain rumah ibadah dan sekolah, sebuah fasilitas pelabuhan di Bacan, Halmahera Selatan, juga ikut mengalami kerusakan. Selain itu, dua jembatan di Kecamatan Gane Barat juga ambruk karena gempa tersebut.

Menurut Jalil, saat ini tim terpadu penanganan bencana yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, SAR, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas PUPR, Satpol PP, BMKG dan PMI Halmahera Selatan telah berangkat menuju wilayah Gane dan Bacan Bagian Timur.

Tim mendata langsung kerusakan bangunan maupun korban yang terjadi di wilayah itu. Tim terpadu juga membawa bantuan seperti terpal, tikar, bahan makanan dan obat-obatan.

Baca juga: Gempa Maluku Sebabkan 2 Warga Tewas, 1 Belum Teridentifikasi

Gempa berkekuatan 7.2 magnitudo sebelumnya mengguncang wilayah Labuha pada pukul 18.10 Wita. Episentrum gempa tersebut berada pada titik koordinat 0.59 Lintang Selatan dan 128.06 Bujur Barat atau berjarak 62 kilometer Timur Laut Labuha, Maluku Utara.

Adapun, gempa tersebut berada pada kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com