Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data Sementara, 500 Rumah Warga di Halmahera Rusak akibat Gempa

Kompas.com - 15/07/2019, 13:14 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Farid Assifa

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Ratusan rumah warga yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara, rusak dan roboh akibat gempa magnitudo 7,2 yang mengguncang wilayah tersebut pada Minggu (14/7/2019).

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Utara, Ali Yau mengatakan, dampak kerusakan akibat gempa magnitudo 7,2 di Kabupaten Halmahera Selatan merata karena terjadi di hampir semua kecamatan di wilayah tersebut.

“Data sementara dari laporan yang kita terima bisa melebihi 500 rumah warga yang roboh,” kata Ali kepada Kompas.com, Senin (15/7/2019).

Dia merinci, di Desa Saketa ada sebanyak 20 rumah warga yang roboh, kemudian di Desa Lemo-Lemo terdapat lebih 100 rumah warga roboh.

Baca juga: Pemda Halmahera Selatan Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Gempa

 

Selain di dua desa tersebut, kerusakan rumah warga juga terjadi di Desa Ranga-ranga. Sekitar 300 rumah warga rusak akibat guncangan gempa di desa itu.

“Data jumlah kerusakan rumah warga itu kita terima langsung dari sekretaris desa dan juga kepala desa yang desanya terkena dampak gempa,” ujarnya.

Dia menambahkan, dari data yang diperoleh, beberapa desa lain yang ikut terdampak gempa, yakni Desa Saketa, Kuititi Canglok, Papaceda, Nyunyifi, Desa Yomen serta sejumlah desa lainnya yang tersebar di beberapa kecamatan.

“Di desa-desa ini kondisinya juga sangat parah dan banyak rumah warga juga yang rusak dan roboh,” ujarnya.

Dia mengatakan, saat ini tim dari BPBD Maluku Utara dan juga BPBD Halmahera Selatan masih terus berusaha mendata jumlah kerusakan rumah warga yang tersebar di beberapa kecamatan di Halmahera Selatan.

“Pendataan rumah-rumah warga yang rusak masih terus dilakukan,” katanya.

Baca juga: Khawatir Gempa Susulan, Warga Halmahera Selatan Pilih Berdesakan di Tenda Darurat

Gempa magnitudo 7,2 sebelumnya mengguncang wilayah Labuha pada pukul 18.10 WIT. Episentrum gempa tersebut berada pada titik koordinat 0.59 Lintang Selatan dan 128.06 Bujur Barat atau berjarak 62 km Timur Laut Labuha, Maluku Utara. Ada pun gempa tersebut berada pada kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com