Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Dulu Saya Takut Kalau Lihat Tentara...."

Kompas.com - 13/07/2019, 21:29 WIB
Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

TIMIKA, KOMPAS.com - Sebagian besar warga Kampung Mandiri Jaya, Distrik Wania, Papua, dulunya takut dengan prajurit TNI.

Ketakutan mereka karena ditakut-takuti oleh oknum tidak bertanggungjawab pada kala itu yang menyebutkan TNI itu jahat. Hal itu diakui Maximus Nabelau.

Kata dia, dulunya bila melihat orang menggunakan pakaian loreng lengkap, dia sangat takut, apalagi orang itu sambil memegang senjata. Bahkan, diapun terkadang harus bersembunyi.

"Dulu saya takut kalau lihat tentara (TNI). Bukan saya saja, tapi ada warga juga yang takut, karena ada yang bilang tentara itu jahat," kata Maximus, Sabtu (13/7/2019).

Namun kini, setelah TNI masuk di kampungnya, dia baru menyadari kalau TNI itu baik. Malah terkadang, dia bisa canda tawa bersama dengan para prajurit TNI, makan bersama, main voli dan bermain sepak bola bersama.

Baca juga: Ada Kampung Anti-miras di Mimika, yang Mabuk Diusir Keluar

Bahkan, bila ia sedang berjalan kaki dari rumahnya ke depan kampung untuk mencari ojek dan berpapasan dengan prajurit TNI yang menggunakan kendaraan, ia pun diberikan tumpangan.

"Kami kadang makan bersama, merokok bersama. Ternyata TNI itu baik," kata dia.

Maximus menyampikan terima kasihnya kepada TNI yang sudah bangun MCK, sebab mereka tidak lagi harus ke sungai untuk mandi, mencuci pakaian dan kakus.

Dia berharap, MCK yang dibangun hanya tiga unit ini bisa ditambah lagi.

"Kami senang sudah dibuatkan kamar mandi ini, tapi kalau bisa jangan tiga saja," tutur dia.

Demianus juga mengungkapkan hal senada. Bapak satu anak ini mengaku ternyata TNI itu baik, karena kampung mereka dibangunkan MCK, jembatan untuk jalanan kendaraan.

Hal ini demi kesejahteraan mereka. "Kami senang dibuatkan kamar mandi bagus, dan jembatan batu (beton). Selama ini jembatan kami hanya kayu," ujar dia.

Novina, siswi kelas dua SMK di sana melihat sendiri TNI telah bekerja di kampungnya dengan membangun MCK hingga jembatan beton.

"Dulu saya takut (tentara), tapi setelah lihat sendiri, ternyata tentara itu baik-baik. Mereka mau bangun kampung kami," kata dia.

Bangun desa terpencil

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com