Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Rombongan Jemaah Haji di Majene Saling Dorong dengan Aparat Keamanan

Kompas.com - 13/07/2019, 14:04 WIB
Junaedi,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

MAJENE, KOMPAS.com – Pemberangkatan 249 jemaah haji kloter pertama asal Kabupaten Majene, Sulawesi Barat di Stadion Prasamya Majene, Sulawesi Barat, Sabtu (13/7/2109), berlangsung kacau.

Ratusan jemaah haji dan keluarga mereka menerobos barikade agar bisa masuk dan mengantar rombongan ke tempat pemberangkatan haji.

Puluhan polisi dan Satpol PP yang mengamankan jalannya pemberangkatan sempat memaksa warga mundur dan tertib, mengikuti ketentuan yang sudah diatur panitia dan pengamanan haji.

Ratusan jemaah calon haji asal Kabupaten Majene yang tergabung dalam kelompok terbang 10 Embarkasi Hasanuddin, Makassar, diberangkatkan dari Stadion Prasamya Majene, menuju Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sabtu pagi.

Baca juga: Calon Jemaah Haji Asal Tidore Meninggal Beberapa Jam Sebelum Berangkat

Membludaknya keluarga jemaah calon haji memasuki area pelepasan, membuat petugas keamanan tampak kewalahan membatasi pengantar yang berusaha memaksakan diri.

Meski hanya diperbolehkan didampingi satu pengantar untuk satu jemaah haji, namun warga tetap nekat menerobos barikade.

Bupati Majene Fahmi Idris yang melepas para jemaah haji mengingatkan agar setiap jamaah menjaga kesehatan dan tetap kompak selama perjalanan menuju Mekkah hingga kembali ke Tanah Air.

Ia juga mengingatkan agar jemaah bisa menjadi duta Majene di Mekkah, hingga mengharumkan nama kampung halaman di dunia internasional.

Baca juga: Cerita Azka, Gadis 18 tahun yang Jadi Jemaah Haji Termuda dari Jatim

"Ini pemberangkatan calon haji pertama dari Majene. Kita berharap semua jemaah sampai ke Tanah Suci Mekkah dan kembai ke Tanah Air dengan selamat. Saya berpesan agar jemaah asal Majene bisa menjaga kebersamaan dan menjadi duta Majene yang baik di negara lain," ujar Fahmi Idris.

Rencananya ratusan jemaah calon asal Kabupaten Majene ini masuk di Asarma Haji Sudiang selama satu hari sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Hasanuddin Makassar bersama jemaah calon haji lainnya dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com