Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Akan Bangun Tugu Koperasi Tasikmalaya Sebagai Kawasan Bisnis Besar

Kompas.com - 12/07/2019, 13:01 WIB
Irwan Nugraha,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, menyebut akan membangun Tugu Koperasi di Kota Tasikmalaya sebagai pusat kawasan bisnis koperasi terbesar di Indonesia.

Tugu Koperasi itu sendiri merupakan simbol cikal bakal terbentuknya koperasi di Indonesia melalui Kongres Pertama tahun 1947 dan ditetapkan Peringatan Hari Koperasi setiap tanggal 12 Juli.

Rencana pembangunan di kawasan tugu tersebut membutuhkan anggaran sampai Rp 200 miliar. Pembangunan akan dibagi menjadi tiga komponen di Kawasan Bisnis Tugu Koperasi.

Ketiga komponen tersebut yakni pembangunan tugu koperasi itu sendiri, pusat perbelanjaan UKM dan koperasi, serta hotel paling megah yang dibiayai oleh gabungan koperasi besar.

Baca juga: Ridwan Kamil: Pantura Masa Depan Jawa Barat

Emil pun mengaku telah menyerahkan desain Kawasan Bisnis Tugu Koperasi yang akan dibangun di Kota Tasikmalaya tersebut kepada Ketua Forum Komunikasi Koperasi Besar Indonesia Iwan Setiawan. 

Yakni saat acara penghargaan Kementerian Koperasi dan UKM RI 2019 dalam rangka Hari Koperasi Nasional ke-72 di Java Heritage Hotel, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, Kamis (11/7/19) malam.

"Tugu koperasi akan diperbaiki dan akan dijadikan pusat bisnis koperasi, sehingga koperasi lahir di Tasikmalaya dan bangkit lagi di Tasikmalaya," jelas Emil kepada wartawan seusai meresmikan masjid besar kampus Universitas Siliwangi Kota Tasikmalaya, Jumat (12/7/2019).

Baca juga: Ridwan Kamil Akui Depok Punya Masalah Pelik

Selama ini, tugu bersejarah tersebut kondisinya terbengkalai dan tak terurus. Padahal, tugu tersebut sebagai simbol berkembangnya koperasi-koperasi besar yang ada di Indonesia saat ini.

“Nantinya, kita akan berani melangkahkan diri membuat hotel termewah di Kota Tasikmalaya yang modalnya adalah modal koperasi-koperasi besar,” ungkapnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com