Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kronologi Ambruknya Tiang Penyangga Proyek Tol BORR

Kompas.com - 10/07/2019, 15:09 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com — Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar (MSJ) Hendro Atmojo mengatakan, ambruknya salah satu tiang penyangga di lokasi proyek Tol BORR karena saat pengecoran beton, balok penyangga tidak kuat menahan.

Hal itu mengakibatkan tiang penyangga melengkung dan mengakibatkan beton tumpah ke jalan arteri di bawahnya.

“Kejadian tersebut terjadi saat pengecoran pada truck mixer yang ke-22 dari total rencana 25 truck mixer. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Sebanyak dua pekerja mengalami luka ringan akibat material dan saat ini sudah dalam perawatan,” kata Hendro seusai meninjau lokasi ambruknya tiang penyangga, Rabu (10/7/2019).

Lebih lanjut, untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya insiden tersebut, tim Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) akan melakukan peninjauan ke lokasi.

KKJTJ akan melakukan penelitian dan mengevaluasi penyebab kejadian itu. Hasil evaluasi tersebut akan diaplikasikan dalam metode kerja agar kejadian yang sama tidak terulang.

Hendro mengatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi terkait metode pelaksanaan proyek secara menyeluruh bersama kontraktor PT PP (Persero) Tbk dan konsultan PT Indec KSO agar kejadian yang sama tidak terjadi di waktu mendatang.

"Jasa Marga dan PT MSJ memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat kejadian ini. Kami akan terus melakukan tindakan preventif dan korektif dengan tetap mengedepankan unsur-unsur keselamatan dan kesehatan kerja (K3) serta evaluasi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan," ujarnya.

Baca juga: Tiang Proyek Tol BORR Ambruk, Pekerja Luka-luka

Di lokasi, pihaknya bekerja sama dengan pihak kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan kendaraan yang menuju arah Parung dialihkan ke Simpang Yasmin, lalu ke Simpang Semplak (Atang Sanjaya).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com