Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Surabaya Lanjutkan Proyek "Underpass" Jalan Ahmad Yani

Kompas.com - 09/07/2019, 07:18 WIB
Ghinan Salman,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Surabaya berencana melanjutkan proyek underpass di Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Jawa Timur.

Wacana proyek underpass Jalan Ahmad Yani itu sedianya sudah direncanakan sejak 2016 lalu dan akan dibangun pada tahun 2017 oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII.

Namun, proyek itu belum bisa diwujudkan dan akan mulai dikerjakan tahun ini dan ditargetkan selesai pada 2020 mendatang.

"Underpass (Ahmad Yani) sudah dalam kajian kita. Insya Allah kita juga akan melakukan kajian-kajian di titik yang macet dan akan kita carikan solusinya," kata Kepala Bappeko Surabaya Eri Cahyadi, Senin (8/7/2019).

Baca juga: 31 Mei 2019, Risma Akan Resmikan Underpass Bundaran Satelit Surabaya

Karena itu, ia membutuhkan pengertian dari masyarakat apabila proyek tersebut dimulai akan menimbulkan kemacetan lalu lintas.

Kendati demikian, kebijakan yang dilakukan Pemerintah Kota Surabaya itu disebut untuk kepentingan masyarakat umum.

Sebab, dengan adanya underpass di Jalan Ahmad Yani tersebut, kemacetan yang sering terjadi di Bundaran Dolog akibat persimpangan kendaraan yang melaju dari arah Sidoarjo menuju Jalan Jemursari, Surabaya, bisa terurai.

"Kalau (proyek underpass) ini tidak dilakukan sekarang, maka dampak (kemacetan) akan semakin besar. Memang dengan pembangunan ini (jalan) jadi macet, tapi nanti akan lebih baik lagi untuk masyarakat," ujar dia.

Proyek underpass Ahmad Yani ini akan dibangun menggunakan APBN dengan anggaran awal Rp 350 miliar, namun jumlahnya ditekan menjadi Rp 273 miliar dengan masa pengerjaan selama kurang lebih 2,5 tahun.

Underpass Ahmad Yani ini terdiri dari dua jalur denhan panjang mencapai 860 meter dengan kedalaman 8 meter.

Baca juga: H-10 Lebaran, Pengerjaan Underpass di Sleman Dihentikan

Menurut rencana, underpass dimulai sebelum lampu lalu lintas arah Jalan Jemursari dan berakhir di depan frontage Jalan Ahmad Yani, Surabaya.

Jalan Ahmad Yani dulunya direncanakan sebagai underpass pertama di Surabaya. Kini, Surabaya sudah memiliki underpass pertama di Mayjend Sungkono, yang resmi beroperasi sejak 31 Mei 2019 lalu, bertepatan dengan Hari Jadi Kota Surabaya ke-726.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com