Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Pamekasan Lepas Oknum Ofisial PSM Makassar yang Bawa Senpi

Kompas.com - 08/07/2019, 13:40 WIB
Taufiqurrahman,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

PAMEKASAN, KOMPAS.com — Oknum ofisial klub PSM Makassar yang diamankan Provost Polres Pamekasan karena kepemilikan senjata api, saat pertandingan leg kedua Piala Indonesia antara Madura United melawan PSM Makassar di Stadion Gelora Ratu Pameliingan Pamekasan, Minggu (6/7/2019) malam, sudah dilepas.

Kapolres Pamekasan AKBP Teguh Wibowo mengatakan, pemilik senpi yang ikut bersama tim PSM Makassar merupakan anggota Polri di Polda Sumsel.

Namun, yang bersangkutan bertugas sebagai keamanan tim PSM Makassar, yang dilengkapi dengan surat perintah tugas dan anggota resmi kepolisian.

Baca juga: Pria Diduga Ofisial PSM Makassar Ditangkap karena Bawa Senpi

"Sudah kami kembalikan kepada pihak PSM Makassar setelah kami periksa tadi malam. Bukti kepemilikan senpi itu legal dan yang bersangkutan adalah anggota Polri," ujar Teguh Wibowo, Senin (7/7/2019).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, pemeriksaan pemilik senpi tersebut dilakukan hingga pukul 21.00 WIB.

Manajer PSM Makassar, Munafri Arifuddin membenarkan bahwa pemilik senpi tersebut merupakan anggota Polri.

Setiap pertandingan PSM Makassar, menajemen selalu membawa aparat keamanan sendiri dengan berbaju preman. Hal itu untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan terhadap tim.

Sebelumnya diberitakan, salah satu ofisial PSM Makassar membawa senpi ke dalam lapangan pertandingan saat terjadi insiden pelemparan botol minuman oleh suporter Madura United di tribune VIP sebelah utara ke arah bangku cadangan pemain PSM.

Baca juga: Menolak Ditilang, Pemuda di Pamekasan Bertengkar dengan Polantas

 

Insiden itu terjadi pada menit 92. Hal itu dipicu karena ofisial PSM menendang jauh bola yang hendak dilempar ke dalam lapangan oleh anak bola.

Tindakan ofisial itu dianggap memperlambat waktu pertandingan.

Menurut Sapto Wahono, sekretaris panitia pertandingan, senpi itu hendak dikeluarkan dari sarung senpi untuk diacungkan ke suporter.

Kejadian itu diketahui aparat keamanan di pinggir lapangan sehingga yang bersangkutan langsung diamankan ke Polres Pamekasan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com