Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Pendaki yang Tersesat dan Ditemukan Tewas, Diduga Jatuh dari Jurang hingga Tinggal Tulang Belulang

Kompas.com - 08/07/2019, 06:58 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Pendaki Thoriq Rizky Maulidan ditemukan tewas di dasar jurang di Bukit Piramid, Gunung Argopuro, di Bondowoso.

Gunung Argopuro, khususnya Bukit Piramid, memang dikenal menantang adrenalin para pendaki untuk menaklukannya.

Sebelum Thoriq peristiwa, sejumlah pendaki di beberapa gunung juga bernasib sama. Para survivor tersebut ditemukan tewas saat mencoba mendaki gunung.

Pada bulan Maret 2019, tiga pendaki Gunung Tampomas, Sumedang, Jawa Barat, ditemukan tewas di dalam tenda.

Para pendaki diduga mengalami kedinginan pascahujan yang terus mengguyur pada Sabtu (2/3/2019) siang.

Berikut ini sejumlah kasus pendaki yang tewas di gunung:

1. Sebanyak 3 pendaki tewas di dalam tenda di Gunung Tampomas

Kondisi tenda milik tiga remaja asal Indramayu yang tewas di kawasan Pos 4 Gunung Tampomas, Sumedang, Jawa Barat. DOK. Mapala Madratala STIA Sebelas April SumedangKOMPAS.com/AAM AMINULLAH Kondisi tenda milik tiga remaja asal Indramayu yang tewas di kawasan Pos 4 Gunung Tampomas, Sumedang, Jawa Barat. DOK. Mapala Madratala STIA Sebelas April Sumedang

Pada hari Minggu (3/3/2019), Basarnas Jawa Barat menerima informasi adanya tiga pendaki ditemukan tewas akibat tersambar petir di Gunung Tampomas.

Ketiga korban itu adalah Ferdi Firmansyah (13), Lucky Parikesit (13), dan Agip Trisakti (15). Semua korban merupakan warga Desa Tugu Kidul, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Petugas segera menuju lokasi para korban dan saat itu ketiganya terbujur kaku di dalam tenda.

Ketua Komunitas Pecinta Alam SCBR Sumedang Ridwan Feri Permana (28) mengatakan, diduga kuat ketiganya tewas karena kedinginan.

"Informasi yang kami terima, tiga pendaki ini pemula. Itu terlihat karena mereka tidak membawa perlengkapan safety layaknya pendaki. Tiga korban katanya terbujur kaku di dalam tenda. Kami menduga mereka kedinginan karena hujan mengguyur sejak Sabtu siang," ujarnya kepada KOMPAS.com di Pos 1 Gunung Tampomas, di Desa Cibeureum, Cimalaka, Sumedang.

Baca juga: Tiga Pendaki Gunung Tampomas Diduga Tewas karena Kedinginan

2. Tewas usai panjat pohon dan jatuh ke jurang di Gunung Semeru

Suasana posko pencarian pendaki yang dilaporkan tewas di Dusun Tawongsongo, Kabupaten LumajangDok. Kepala TNBTS John Kennedie Suasana posko pencarian pendaki yang dilaporkan tewas di Dusun Tawongsongo, Kabupaten Lumajang

Seorang pendaki Gunung Semeru, Jawa Timur, bernama Saidin (20), dilaporkan tewas setelah memanjat pohon dan jatuh ke jurang.

Pendaki yang berasal dari Brebes, Jawa Tengah, itu sebelumnya mendaki bersama temannya, Affan Abdullah (21) warga Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com