Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Sewa Gedung dan Sebar Undangan, Penetapan Caleg Gunungkidul Ditunda

Kompas.com - 05/07/2019, 15:47 WIB
Markus Yuwono,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Penetapan calon anggota legislatif di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, hingga kini masih menunggu adanya surat register dari Mahkamah Konstitusi terkait dengan pengajuan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU).

Kesekretariatan DPRD Gunungkidul berharap pengumuman caleg terpilih bisa segera dipastikan, karena berkaitan dengan pelantikan nantinya. 

Anggota KPU Gunungkidul, Andang Nugroho mengatakan, sebenarnya proses penetapan caleg terpilih sudah ditentukan waktu dan tempatnya yakni di salah satu hotel di kecamatan Purwosari, Kamis (4/7/2019).

Baca juga: Lagi, 1 Mantan Anggota DPRD Gunungkidul Dieksekusi Kejari

 

Namun, terdapat surat edaran KPU RI yang meminta agar penetapan dilakukan setelah adanya surat dari MK.

"Kami tunda (penetapannya), meski sudah menyewa tempat dan mengundang parpol," kata Andang, saat dihubungi, Jumat (5/7/2019).

Hingga kini, pihaknya belum mengetahui kapan proses penetapan dilakukan karena menunggu surat dari MK.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan KPU RI terkait penundaan penetapan bisa berpengaruh pada persiapan pelantikan anggota DPRD Gunungkidul. 

"Sudah kami sampaikan (ke KPU RI) pelantikan dilaksanakan 12 Agustus. Mudah-mudahan secepatnya surat dari MK turun sehingga tidak menganggu persiapan untuk pelantikan," ucap dia. 

Sekretaris DPRD Gunungkidul, Agus Hartadi mengatakan, hingga saat ini masih menunggu proses penetapan caleg terpilih oleh KPU.

Ia berharap, penundaan tidak berlangsung lama karena nantinya bisa berpengaruh terhadap proses persiapan pelantikan dewan baru.

Baca juga: Lebih dari 100 Ribu Warga Gunungkidul Terdampak Kekeringan

"Rencananya pelantikan dilaksanakan pada 12 Agustus mendatang," ucap dia.

Menurut dia, kepastian penetapan ini dilakukan agar ada jeda waktu untuk persiapan. Mulai dari pemberian bimbingan teknis, gladi bersih, hingga pemberian seragam baru kepada calon anggota DPRD baru.

"Saya berharapan segera ada kepastian sehingga tidak mengganggu persiapan untuk pelantikan karena waktu efektif tinggal satu bulan," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com