Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6.000 Motor Listrik Siap Dibagikan ke Pesantren Jabar

Kompas.com - 05/07/2019, 15:20 WIB
Dendi Ramdhani,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Produsen motor listrik, PT Arindo Pratama, bakal membagikan produk motor listriknya kepada sejumlah Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan pesantren di Jawa Barat (Jabar).

Rencana itu telah disampaikan kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beberapa waktu lalu.

Owner PT Arindo Pratama Soegeng Rijadi mengatakan, ada 60 unit yang akan dibagikan untuk tahap pertama. Jika dinilai positif, ia siap menyiapkan 6.000 unit untuk DKM dan pesantren.

"60 tahap awal, kalau perkembangan menguntungkan baru berkembang se-Jabar, baru nasional," kata Soegeng saat dihubungi via telepon, Jumat (5/7/2019).

Baca juga: Ridwan Kamil Sebut Motor Listrik Miliknya Sudah Berlisensi, Ini Spesifikasinya

Soegeng mengatakan, motor itu dibagikan dengan pola kerja sama. Hal itu pun sekaligus meluruskan informasi sebelumnya yang menyebut program itu berbentuk hibah.

"Bahasanya bukan hibah, nanti kerja sama dengan DKM dan pesantren," ujarnya.

Baca juga: 6.000 Motor Listrik Dihibahkan untuk Masjid se-Jabar, Ini Penjelasan Ridwan Kamil

Selain memberikan motor listrik, Soegeng mengatakan tiap DKM akan diberikan peluang usaha berupa warung sembako.

Suplai barang disediakan PT Arindo, sementara DKM menyiapkan lahan. Motor yang diberikan nantinya digunakan sebagai armada bagi kurir.

"Nanti pemuda di lingkungan masjid yang istilahnya belum kerja dia jadi kurir, di masjid itu jualan sembako. Kita menyediakan, kerja sama juga dengan bulog, jadi sharing fee," ujar Soegeng.

Soegeng menjelaskan, ia sudah memperhitungkan rencana bisnis lewat program tersebut. Apalagi PT Arindo Pratama juga bergerak di bidang PPOB (Payment Point Online Bank) merupakan suatu loket layaknya bank yang dapat digunakan untuk membayar berbagai tagihan dalam satu tempat.

"Insya Allah kalau potensi bisnisnya model gojek saja berapa, antar jemput barangnya kan sangat besar. Bisnis plan-nya sudah sangat terukur. Kebetulan kita punya loket 65.000 pembayaran PPOB. Sistemnya nanti kemitraan," jelasnya.

Motor listrik yang diproduksi PT Arindo Pratama juga digunakan Gubernur Jabar Ridwan Kamil sebagai motor hariannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com