Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Arus Pendek, 26 Rumah Pekerja PT SPS Ludes Terbakar

Kompas.com - 04/07/2019, 19:20 WIB
Candra Setia Budi

Editor

KOMPAS.comKebakaran terjadi di Kompleks Perumahan Afdeling Delta PT SPS II, di Desa Pulo Kruet, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Rabu (3/7/2019).

Akibat kebakaran tersebut, 26 unit rumah ludes terbakar dan para pekerja harus kehilangan tempat tinggal dan harta benda. Saat musibah kebakaran terjadi, seluruh pekerja sedang berada di kebun untuk beraktivitas seperti biasa.

"Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, dugaan sementara kejadian tersebut akibat hubungan arus pendek listrik," kata Kapolres Nagan Raya, AKBP Giyarto melalui Kapolsek Darul Makmur, Ipda Noca kepada Antara di Suka Makmue, Ibu Kota Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Kamis (4/7/2019).

Baca juga: Seorang Ibu Tewas dalam Kebakaran Rumah di Nabire

Sebelum kebakaran terjadi. Beberapa warga sedang duduk minum kopi di perumahan kosong tempat istirahat para karyawan. Tidak lama kemudian, keluar seorang warga yang tinggal di lingkungan tersebut yang mengatakan ada asap di atas atap dari sebuah rumah di kawasan ini.

Melihat kepulan asap, kata Noca, warga berupaya mendobrak pintu rumah yang terdapat kepulan asap dengan maksud ingin mengetahui penyebabnya.

Karena jilatan api yang semakin melebar dan membesar, warga yang sebelumnya berupaya memadamkan api berupaya menyelamatkan diri sekaligus barang berharga milik mereka.

Baca juga: Kebakaran Lahan di Riau Berdekatan dengan Kebun Sawit Perusahaan, Penyebab Diselidiki

Meski sempat dilakukan pemadaman menggunakan peralatan seadanya termasuk mengerahkan satu unit mobil pemadam milik perusahaan, namun seluruh bangunan tersebut tidak bisa diselamatkan.

"Saat ini, jumlah rumah yang terbakar sebanyak 26 unit, termasuk satu unit kantor Afdeling, dan menghanguskan fasilitas kantor beserta surat-surat dan uang tunai mencapai puluhan juta rupiah," ujarnya.

Baca juga: Anak-anak Korban Kebakaran Kebon Kacang Curahkan Harapan di Atas Kertas HVS

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Nagan Raya, Hamidi mengatakan, pihaknya hanya bisa membantu menyediakan satu unit tenda pengungsian kepada para korban musibah kebakaran yang terjadi di Desa Pulo Kruet, Kecamatan Darul Makmur, kabupaten setempat.

Pihaknya juga berupaya berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk membantu memberikan bantuan masa panik terhadap korban musibah kebakaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com