Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Depan Pemkot Bandung Uji Coba Jalur Satu Arah di Jalan Sukajadi

Kompas.com - 04/07/2019, 17:13 WIB
Agie Permadi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com — Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Perhubungan Kota Bandung dan Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung akan melakukan uji coba rekayasa lalu lintas satu jalur Sukajadi-Setiabudi selama sepekan pada 11 Juli-18 Juli 2019.

Rekayasa lalu lintas ini dilakukan guna mengurangi volume kepadatan yang kerap terjadi di jalur tersebut.

Berdasarkan data dari Satlantas Polrestabes Bandung, nanti Jalan Sukajadi dari arah  Jalan Eyckman menjadi satu arah sampai Jalan Sukajadi-Jalan Setiabudhi.

Jalan Sukawangi tidak bisa lurus masuk ke Jalan Dr Sutami dan dibelok ke kanan ke Jalan Sukajadi. Apabila kendaraan mengarah ke Jalan Sutami, masuk dari Jalan Karang Sari-Sukajadi dan belok ke kiri ke Jalan Dr Sutami seterusnya.

Jalan Bungur dari arah bawah mengarah ke Jalan Dr Sutami menjadi satu arah dari Sukajadi-Bungur sampai dengan Bungur-Dr Sutami. 

Baca juga: RK Sebut Menteri BUMN Sepakat Perbaiki Jalan di Bandung Barat yang Dikeluhkan Bupati

Kendaraan dari arah timur Jalan Dr Sutami tidak bisa belok ke kiri Jalan Bungur dan diluruskan ke Jalan Dr Sutami.

Jalan Setiabudhi dari arah utara disatuarahkan dari Setiabudi-Sukajadi sampai dengan Setiabudi-Cipaganti.

Selain itu, Jalur Cipaganti juga direkayasa yang semula kendaraan mengalir dari arah bawah Jalan Cipaganti mengarah Jalan Setiabudhi menjadi satu arah dari atas Jalan Setiabudhi-Cipaganti sampai dengan Cipaganti-Pasteur.

Wakasatlantas Polrestabes Bandung Bayu Catur Prabowo mengatakan, rekayasa kawasan Jalan Sukajadi ini sangat penting dilakukan. Sebab, berdasarkan pengecekan di lapangan, kepadatan kerap terjadi di waktu-waktu tertentu.

"Misalnya dari siang sampai malam hari dan pola kepadatan ini tak pernah berubah sehingga upaya pihak kepolisian dan pemerintah daerah dalam hal ini Dishub kami coba rekayasa dengan merubah jalur di Sukajadi yang tadinya dua arah menjadi satu arah," kata Bayu, di Taman Sejarah Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (4/7/2019).

"Kemudian nanti jalur arah ke Kota Bandung bisa melalui Jalan Cipaganti dan Jalan Cihampelas, itu rekayasa sementara yang akan kami lakukan," kata dia.

PKL dan tempat parkir

Penyebab kepadatan di Jalan Sukajadi ini bukan hanya volume kendaraan yang bertambah di jalur tersebut, tapi juga ada faktor lain, seperti pedagang kaki lima (PKL) dan tempat parkir yang dinilai mengurangi kapasitas jalan itu sehingga tidak maksimal.

"Penyebab lain ada beberapa simpang yang jadi crossing di kawasan tersebut, kemudian adanya PKL yang memenuhi badan jalan, ada tempat parkir yang mengurangi kapasitas jalan sehingga kawasan Sukajadi kalau dilihat dari IP (Istana Plaza) Pasir Kaliki sampai ke Sukajadi, ini sangat kecil sekali," ujar dia.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kota Bandung untuk kembali mengevaluasi faktor-faktor penyebab kepadatan tersebut sehingga jalur kawasan tersebut bisa dimaksimalkan sebagaimana mestinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com