Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPDB SMA di Sumbar Dibuka, Orangtua Senang Ada 3 Pilihan Sekolah

Kompas.com - 04/07/2019, 12:33 WIB
Perdana Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PADANG,KOMPAS.com - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online SMA/SMK di Sumatera Barat (SUmbar) dibuka Kamis (4/7/2019) ini.

Sejumlah orang tua bersyukur Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar menerapkan sistem tiga pilihan karena memberikan peluang besar bagi peserta didik untuk lolos ke sekolah pilihan mereka.

"Ada tiga pilihan. Tentunya memberikan banyak kesempatan dan pilihan untuk masuk sekolah yang diinginkan," kata salah seorang orang tua siswa, Susi (45) yang mendaftarkan anaknya di SMA 1 Padang, Kamis.

Susi menyebutkan dengan adanya tiga pilihan tersebut, anaknya harus jeli memilih pilihan yang disesuaikan dengan nilainya.

Baca juga: Kamis, Pendaftaran PPDB SMA dan SMK Sumbar Dibuka, Ketahui Cara Daftarnya

"Alhamdulillah nilai anak saya cukup tinggi. Makanya anak saya pilih, pilihan pertama-nya SMA 1 Padang," kata Susi bersama dengan orang tua peserta lainnya.

Evaluasi PPDB tahun lalu

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri menyebutkan pihaknya sengaja memberikan tiga pilihan untuk peserta memilih sekolah yang diinginkan.

"Tahun lalu hanya ada dua pilihan. Setelah dievaluasi, kita menambah satu pilihan lagi supaya peserta memiliki peluang lebih besar," kata Adib.

Adib menyarankan agar peserta jeli dalam menentukan pilihan karena jika salah menempatkan pilihan akan merugikan peserta sendiri.

Baca juga: Peserta PPDB di Sumbar yang Tidak Lulus Bisa Mendaftar hingga 3 Kali

Ia menyebutkan pilihan pertama adalah harus sekolah paling favorit, kemudian baru diikuti favorit kedua dan ketiga.

"Tapi juga harus disesuaikan dengan nilai peserta. Jika nilainya tanggung, pilihlah kira-kira sekolah yang terjangkau dengan nilainya," kata Adib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com