Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petugas Berjibaku Padamkan Api yang Bakar 50 Hektare Lahan di Riau

Kompas.com - 03/07/2019, 19:17 WIB
Idon Tanjung,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Selain di Kota Dumai, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) juga terjadi di wilayah tetangganya, yakni Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau. Petugas gabungan dikerahkan untuk memadamkan api.

Titik api karhutla di Rohil terdapat Desa Teluk Bano II, Kecamatan Bangko. Lahan yang terbakar sudah sangat luas.

Pantauan Kompas.com Rabu (3/7/2019), sekitar tiga kilometer dari perumahan warga, kepulan asap hitam dan putih nampak membumbung tinggi ke udara.

Rupanya, kebakaran ini terjadi di lahan yang sudah ditanami sawit, dan sebagian semak belukar.

Baca juga: 5 Fakta Karhutla di Sumatera, Terdeteksi 59 Titik Panas hingga Terbanyak di Riau, 27 titik

Di lokasi kebakaran, terlihat petugas gabungan dari Polri, TNI, BPBD dan masyarakat tengah berjibaku memadamkan api. Pemadaman menggunakan dua unit mesin pompa air.

Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais mengatakan, upaya pemadaman karhutla di Desa Teluk Bano II sudah memasuki hari ketiga.

"Hari ini, kami sudah hari ketiga pemadaman. Sebelumnya sudah berhasil kami padamkan, tapi hari ini muncul lagi titik api yang lumayan besar," ucap Sasli, saat diwawancarai Kompas.com, di lokasi karhutla, Rabu.

Dia mengatakan, hingga saat ini, luas lahan yang terbakar ditaksir mencapai 50 hektare. Lahan tersebut milik masyarakat.

"Ini statusnya lahan masyarakat. Tapi pemiliknya kebanyakan tidak ada di sini," kata Sasli.

Untuk mengatasi meluasnya kebakaran, pihaknya berupaya melakukan penyekatan di kepala api. Pihaknya mengakui sangat sulit melawan si jago merah tersebut.

Baca juga: 15 Helikopter dan 1 Pesawat Disiagakan untuk Penanganan Karhutla di Riau

"Yang terbakar ini tanah gambut. Kedalamannya sekitar dua meter. Ditambah lagi cuaca sangat panas dan angin kencang, sehingga api cepat membesar. Kabut asap sangat tebal di lokasi," ujar Sasli.

Namun, kata dia, rintangan itu harus dihadapi, supaya kabut asap tidak sampai melanda permukiman masyarakat.

"Kami dari Polsek Bangko jajaran Polres Rohil, jajaran Kodim 0321/Rohil, BPBD, Satpol PP dan masyarakat, akan terus berupaya memadamkan api. Kemudian, kami juga secara bersama-sama menyekat kepala api, agar tidak makin meluas," sebut Sasli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com