Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Bogor Siapkan Rp 14 Miliar untuk Percantik Jalan Suryakencana

Kompas.com - 03/07/2019, 15:01 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bogor menyiapkan anggaran sebesar Rp 14 miliar untuk menata kawasan Jalan Suryakencana. Anggaran tersebut diperuntukkan untuk membangun jalur pedestrian, relokasi pedagang kaki lima, dan menata gang-gang di lokasi tersebut.

"Tujuannya menghidupkan, melakukan normalisasi dari akses-akses gang yang menghubungkan antara Jalan Suryakencana dan Jalan Roda," ujar Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Rabu (3/7/2019).

Bima mengatakan, untuk tahap awal, para PKL yang berjualan di sepanjang kawasan pecinan itu akan direlokasi ke gang-gang yang ada di sana. Bima menyebut, ada tujuh koridor gang yang bakal disiapkan untuk menampung PKL.

Baca juga: Pemkot Bogor Tetapkan Jalan Suryakencana sebagai Kawasan Heritage

Bima mengatakan, saat ini progres penataan tersebut sudah masuk ke dalam tahap tender. Jika berjalan mulus, penataan akan segera dimulai.

"Tendernya tahun ini. Target beres Desember. Sekarang sudah masuk fase penawaran, kalau tidak ada gagal lelang, nanti 23 Juli mulai pengerjaan," kata Bima.

Dari data yang ada, jumlah PKL yang akan direlokasi sebanyak 140 pedagang. Nantinya, lapak jualan mereka yang baru akan dipercantik dan dibuat minimalis agar tidak menganggu pengguna jalan.

Meski begitu, Bima belum bisa memastikan apakah semua pedagang dapat dipindahkan ke tujuh koridor itu. Jika tidak, menurut Bima, maka ada tempat lain yang disediakan.

“Jadi trotoar dari mulai Gang Aut sampai Bata rapih. PKL ini kita harapkan semuanya masuk ke situ. Tapi kalau tidak, ada beberapa lokasi lain,” kata Bima.

Baca juga: Bupati Bogor Minta Jokowi Lanjutkan Proyek Jalur Puncak II

Sementara itu, Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Wawan Gunawan menjelaskan, nantinya penataan akan dilengkapi ruang terbuka hijau (RTH) dengan luas satu meter. Sementara dua meter disiapkan untuk jalur pedestrian.

Selain itu, juga akan dilengkapi ornamen jalan seperi kursi, penerangan jalan umum (PJU), hingga utilitas dan salurannya.

"Jadi penataan PKL ini merupakan program penataan Suryakencana yang akan dibangun 2019 ini," kata Wawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com