Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, Pencarian Heli TNI AD yang Hilang Kontak di Papua Hanya Dilakukan 40 Menit

Kompas.com - 03/07/2019, 14:54 WIB
Dhias Suwandi,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Pencarian Helikopter MI-17 milik TNI AD yang hilang kontak di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, pada hari ke-6 tidak berjalan maksimal karena kendala cuaca.

Dua unit Hel Bell yang berada di Oksibil hanya mengudara dengan durasi singkat dan harus kembali ke bandara karena hujan mulai turun.

"Pencarian kita lanjutkan tadi pagi mulai pukul 08.00 WIT, tapi sekitar 40 menit terbang heli harus kembali karena cuaca mulai mendung dan kabut mulai turun," ujar Wakapendam XVII/Cenderawasih, Letkol Inf Dax Sianturi, di Jayapura, Rabu (3/7/2019).

Baca juga: Begini Kondisi Ekstrem Pegunungan Bintang, Lokasi Heli TNI AD yang Hilang Kontak

Tim hingga sore masih menunggu kondisi cuaca membaik untuk melanjutkan pencarian melalui udara.

Namun, ungkap Dax, cuaca tidak berubah sehingga proses pencarian tidak dapat dilakukan.

Terkait dengan pesawat CN235 MPA yang didatangkan dari Kabupaten Biak Numfor, hingga kini belum tiba di Bandara Sentani sehingga belum mulai membantu pencarian dari Kabupaten Jayapura.

Diberitakan sebelumnya, Helikopter MI-17 milik TNI AD hilang kontak sesaat lepas landas dari Bandara Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, menuju Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura.

Pesawat tersebut dilaporkan membawa 12 orang yang terdiri dari 7 crew dan 5 personel Satgas Yonif 725/Wrg  yang akan melaksanakan pergantian pos.

Baca juga: Satelit Pantau 6 Titik Panas di Oksibil, Rute Hilangnya Heli MI-17

Helikopter tersebut, lanjut Aidi, tengah melakukan misi pendorongan logistik (Dorlog) ke Pos Udara Pengamanan Perbatasan (Pamtas) di Distrik Okbibab. Heli bertolak dari distrik Okbibab, kemudian penerbangan dilanjutkan ke Bandara Oksibil untuk pengisian bahan bakar.

"Pada  pukul 11.44 WIT Heli MI-17 take off dari Bandara Oksibil menuju Sentani. Sesuai perkiraan ekstimasi waktu seharusnya Heli MI-17 mendarat di Sentani pukul 13.11 WIT. Namun, sampai dengan saat ini belum ada komunikasi ataupun berita tentang keberadaan heli tersebut," terang Aidi.

Selain pencarian dari Distrik Oksibil, kini tim SAR Gabungan juga melakukan penyisiran di Distrik Lereh dan Airu, Kabupaten Jayapura. Hal tersebut dilakukan karena ada informasi dari warga di dua lokasi tersebut yang mengaku sempat mendengar bunyi helikopter pada 28 Juni  atau saat heli hilang kontak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com