Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamis, Pendaftaran PPDB SMA dan SMK Sumbar Dibuka, Ketahui Cara Daftarnya

Kompas.com - 03/07/2019, 11:35 WIB
Perdana Putra,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK melalui sistem zonasi di Sumatera Barat (Sumbar) dibuka mulai Kamis (4/7/2019) hingga Sabtu (6/7/2019). Pendaftaran dilakukan secara online.

Calon peserta boleh memilih tiga pilihan sekolah dan bisa mendaftar di salah satu sekolah saja diantara tiga sekolah yang dipilih.

"Besok pendaftaran PPDB SMA dan SMK secara online dibuka. Boleh memilih tiga pilihan sekolah dan cukup mendaftar di salah satu sekolah yang dituju saja," kata Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Adib Alfikri yang dihubungi Kompas.com, Rabu (3/7/2019).

Baca juga: Orangtua Calon Siswa Masih Bingung dengan Zonasi PPDB SMA

Adib menjelaskan dengan tiga pilihan sekolah itu, calon peserta bebas memilih sekolah mana saja asalkan berada dalam satu kabupaten dan kota tempat peserta tinggal.

"Kita menerapkan sistem zonasi kabupaten dan kota. Jadi, calon peserta bisa memilih sekolah mana saja asalkan masih dalam kabupaten dan kota yang sama dengan tiga pilihan," tegas Adib.

Dengan adanya tiga pilihan sekolah itu, menurut Adib, calon peserta harus jeli menempatkan pilihannya.

Peserta bisa menempatkan sekolah paling favorit di pilihan pertama kemudian berurutan ke bawahnya favorit dua dan tiga.

"Kalau peserta menempatkan sekolah paling favorit di pilihan bawah, maka peluang masuk ke sekolah favorit itu sangat tipis karena penilaiannya dari pilihan pertama dulu," jelasnya.

Baca juga: PPDB SMA di Jateng: Domisili Tak Sesuai, 96 Calon Siswa Dicoret

Dijelaskan Adib, jika peserta lulus di pilihan pertama, maka pilihan dua dan tiga otomatis akan gugur. Namun, jika tidak lulus di pilihan pertama, masih ada kesempatan lulus di pilihan kedua dan ketiga.

Menurut Adib dengan hanya mendaftar di salah satu sekolah yang dituju, maka hal itu diprediksi bisa mengurangi penumpukan peserta yang mendaftar di satu sekolah.

"Sistemnya sudah online, jadi daftar saja di salah satu sekolah yang dituju dan terdekat dari rumah. Atau bisa dilihat dari tiga sekolah pilihan itu mana yang sepi, daftar di sana," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com