Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Proyek Tol Manado-Bitung Terkendala Sengketa Lahan

Kompas.com - 03/07/2019, 08:19 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey angkat suara terkait pembangunan proyek Tol Manado-Bitung yang belum memperoleh kemajuan berarti.

Menurut dia, sebenarnya pada prinsipnya tidak ada hambatan. Namun ada sengketa lahan antara sejumlah keluarga yang menghambat pembayaran pembebasan lahan dari pemerintah pusat. 

Hal itu dikatakan Olly saat menanggapi pemandangan umum fraksi-fraksi di rapat paripurna pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Provinsi Sulut 2018, di Kantor DPRD Sulut, Selasa (2/7/2019).

"Cuma ada persoalan-persoalan kepemilikan di antara keluarga. Sehingga penyedia pembayaran itu belum bisa dilaksanakan oleh pemerintah pusat," kata dia. 

Baca juga: Arus Mudik dan Balik, Sistem Satu Arah Diterapkan di Tol Manado-Bitung

Menurut Olly, meski pembebasan lahan bukan kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, namun pihaknya selalu monitor dan mengawasi proses pembebasan.

"Saya kira, dari pendekatan-pendekatan hukum dan pendekatan kekeluargaan, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa selesai masalah pembebasan jalan tol," ujarnya.

Ditargetkan selesai 2020

Konstruksi fisik proyek Tol Manado-Bitung hingga Juni, sudah menembus 70,38 persen. Tol sepanjang 39 kilometer ini ditargetkan selesai pada pertengahan 2020.

"Untuk pembebasan lahannya sebesar 86,15 persen," kata Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) George IMP Manurung dalam keterangan tertulis, Kamis (27/6/2019).

Baca juga: Ada Jalan Tol, Manado-Bitung Cuma 30 Menit

Menurut George, pembebasan lahan menjadi kendala utama dalam penyelesaian proyek ini, seperti masalah harga hingga administrasi berupa kelengkapan dokumen atau sertifikat tanah.

"Sekarang tinggal masalah administrasi, misalnya dokumennya belum lengkap atau harus melalui ahli waris. Tidak sedikit yang harus dititipkan ke pengadilan, konsinyasi," ungkapnya.

Selain itu, di sejumlah titik pembebasannya masih berupa spot-spot, sehingga belum dapat tersambung.

George menargetkan, seluruh proses pembebasan lahan ini dapat selesai pada triwulan ketiga tahun 2019 agar proyek rampung sesuai jadwal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com