Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suami Nikahi Adik Kandungnya, Istri Lapor Polisi dan Gugat Cerai

Kompas.com - 02/07/2019, 19:57 WIB
Hendra Cipto,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Perempuan berinisial HN (28) melaporkan suaminya, Ansar (32), karena menikahi dan adik kandung Ansar di Kalimantan Timur. Selain melapor ke polisi, HN juga menuntut cerai.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto ketika dikonfirmasi, Selasa (2/7/2019).

Menurut Tomy, setelah mengetahui suaminya menikah dengan perempuan sedarah, HN langsung ke Markas Polres Bulukumba untuk melaporkan kejadian tersebut. Bahkan, HN juga akan menuntut cerai di Pengadilan Agama.

“Setelah mengetahui suaminya menikahi adik kandungnya, HN langsung ke Polres Bulukumba melaporkan kejadian itu dengan ditemani kepala desa. HN juga selaku istri sah, akan menuntut cerai,” katanya.

Tomy mengatakan, HN sangat kecewa dan malu dengan tindakan suaminya yang menikahi adik kandung sendiri. Padahal, HN sudah hidup bersama suaminya selama 7 tahun dan telah dikaruniai seorang anak yang masih duduk di sekolah dasar.

“HN tidak pernah curiga dengan kedekatan suaminya dengan adik kandungnya sendiri. Belakangan diketahui, setelah adanya kabar pernikahan sedarah yang disertakan foto-foto dan video pernikahan mereka,” tuturnya.

Baca juga: Kakak Beradik yang Menikah Sedarah Ditolak Pulang ke Kampung Halaman

Tomy mengungkapkan, pernikahan Ansar dengan adik kandungnya itu hanya nikah sirih tanpa ada akta nikah. Akta nikah Ansar dan adik kandunya yang dipegang dalam foto beredar itu merupakan buku nikah Ansar dengan HN.

“Tidak ada akta nikahnya itu dua anak yang melakukan pernikahan sedarah. Yang dipegang dalam foto itu adalah buku nikah lama antara Ansar dengan HN,” tambahnya.

Sebelumnya telah diberitakan, seorang pria, Ansar (32), warga Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, diduga melakukan pernikahan sedarah dengan adik kandung perempuannya di perantauan di Kalimantan.

Istri sah Ansar, HN (28), terpaksa melaporkan kejadian itu ke Markas Polres Bulukumba, Senin (1/7/2019).

Baca juga: Kronologi Kakak Adik Sekandung Menikah di Bulukumba

HN mengentahui pernikahan sedarah itu setelah melihat video pernikahan suaminya dengan adik bungsu Ansar. Ditambah lagi, ada surat pernyataan dari kedua orangtua suaminya sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com