Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Dipicu Lilin, 16 Rumah Terbakar di Jayapura

Kompas.com - 01/07/2019, 18:52 WIB
Dhias Suwandi,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Sebanyak 16 rumah warga di kawasan pemukiman Gajah Putih, Kelurahan Numbay, Distrik Jayapura Selatan, Jayapura, Papua, hangus terbakar pada Senin (1/07/2019). Namun, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Ada sekitar 16 rumah yang terbakar, total 29 KK yang menjadi korban," ujar Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Jayapura Kota Iptu Jahja Rumra, di Jayapura.

Berdasarkan dugaan sementara, kebakaran dipicu lilin yang membakar lemari plastik di salah satu rumah warga. Api yang membesar kemudian membakar plafon rumah dan merambat ke sejumlah rumah warga sekitar.

"Kasus kebakaran ini masih didalami dan tentu saja akan dilakukan olah tempat kejadian perkara untuk memastikan sumber api yang diduga menjadi penyebab kebakaran," ujar Jahja.

Menurut Jahja, kebakaran ini pertama kali diketahui oleh Akis (54) yang merupakan warga setempat. Sekitar pukul 11.30 WIT, Akis mencium bau hangus dari rumah tetengganya.

Selanjutnya, Akis dibantu tetangganya, Sofyan Laby (45) mendobrak pintu rumah Abdul Fahri Amin, namun tidak bisa terbuka. Sofyan berhasil masuk ke dalam rumah tersebut dengan cara merusak jendela. Namun, api sudah merambat hingga ke lantai atas rumah.

Sofyan secara spontan berteriak kebakaran, sehingga mengundang perhatian warga lainnya dan aparat Polsek Kawasan Pelabuhan Laut Jayapura.

Petugas pemadam, polisi dan warga berhasil memadamkan api setelah beberapa unit mobil pemadam dari Kota Jayapura dan water cannon milik Polda Papua tiba di lokasi kejadian.

Kerugian akibat kebakaran tersebut diperkirakan mencapai Rp 1 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com